Kementerian PUPR Fasilitasi Mudik Bareng Ribuan Pekerja Konstruksi di IKN

Kementerian PUPR Fasilitasi Mudik Bareng Ribuan Pekerja Konstruksi di IKN

Pekerja konstruksi di IKN mudik bareng PUPR--

FIN.CO.ID- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan melaksanakan kegiatan 'Mudik Bareng Pekerja Kontruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) 2024' di kawasan IKN Nusantara, Jum’at (5/4/2024).

Tercatat sekitar 10 ribu orang pekerja kontruksi IKN akan kembali ke kampung halamannya masing-masing dengan menggunakan berbagai sarana moda transportasi baik melalui kapal laut serta pesawat udara.

“Atas nama Menteri PUPR kami ingin mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas dukungan kinerja serta kerja keras dari para pekerja konstruksi dalam pembangunan infrastruktur di IKN. Hari ini Jumat tanggal 5 April 2024 saya secara resmi melepas kegiatan “Mudik Bareng Pekerja Kontruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) 2024” semoga lancar dalam perjalanan mudiknya dan selamat sampai tujuan untuk kembali ke kampung halaman berkumpul bersama sanak keluarga di rumah,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat melepas kegiatan tersebut secara online melalui zoom meeting.


Kementerian PUPR Fasilitasi Mudik Bareng Ribuan pekerja Konstruksi di IKN (foto:Ristyan Mega Putra/kompu Ditjen Perumahan)--Ist

Iwan menambahkan, seluruh pekerja baik jajaran penyedia jasa, manajemen konstruksi dan pekerja kontruksi merupakan bagian dari Keluarga Besar Kementerian PUPR. Mereka berperan penting dalam membangun berbagai infrastruktur serta hunian serta prasarana pendukung dan menjadi bagian dari sejarah dan legacy dari pembangunan IKN.

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, kegiatan mudik lebaran merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindarkan setiap tahunnya khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, pemerintah juga memberikan hak kepada para pekerja untuk melaksanakan libur bersama guna menjalin tali silaturahmi bersama keluarga serta mendukung kelancaran proses perjalanan mudik para pekerja khususnya pekerja konstruksi yang bekerja membangun infrastruktur di IKN ke seluruh wilayah Indonesia. 

“Pekerja konstruksi juga jadi sedulur-sedulur Kementerian PUPR sehingga kami coba fasilitasi agar lebih mudah dan lancar mudik ke kampong halaman. Pada libur lebaran ini kami juga ingin melihat pekerja konstruksi juga bahagia dan bertemu dengan keluarga tercinta setelah beberapa lama dtinggalkan. Tapi kami juga berharap setelah selesai pekerja konstruksi bisa datang kembali sesuai jadwal untuk mendukung percepatan pembangunan di Ibu Kota Nusantara,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Anggoro Putro dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk kegiatan “Mudik Bareng Pekerja Kontruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) 2024” ini diikuti oleh ribuan pekerja. Ada sekitar 10 ribu lebih pekerja yang akan mudik ke kampong halaman dimana sekitar 4.598 orang pekerja bekerja di sektor perumahan yakni dalam proyek pembangunan hunian untuk rumah susun (Rusun) ASN, TNI Polri dan Paspampres.  

Kementerian PUPR, imbuhnya, telah menyediakan berbagai sarana tranportasi seperti kapal laut dan pesawat udara untuk penerbangan komersial. Selain itu, Kementerian PUPR juga berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara untuk untuk memberikan dukungan moda transportasi bagi pekerja konstruksi dengan menggunakan pesawat hercules. Beberapa daerah yang menjadi tujuan para pekerja yang mudik antara lain Jawa Tengah seperti Solo, D.I Jogjakarta dan Jawa Timur seperti Surabaya. 

Berdasarkan data yang ada, jumlah pekerja konstruksi yang mengikuti kegiatan mudik bareng dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 H dari sektor perumahan saat ini sebanyak 4.598 orang. Rinciannya sebanyak 1.730 orang menggunakan moda transportasi kapal laut, 1.258 orang menggunakan pesawat hercules dan 1.610 orang menggunakan pesawat komersial.

“Pekerja konstruksi yang bekerja di IKN berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Mereka telah berpartisipasi melaksanakan pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), rumah susun (Rusun) ASN, Polri BIN dan Paspampres. Semoga melalui kegiatan ini mereka memiliki semangat untuk membangun infrastruktur di IKN,” harapnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti, Direktur Rumah Susun, Aswin Grandiarto Sukahar, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan IKN, Ditto Ferakhim, serta perwakilan Otorita IKN dan penyedia jasa dan manajemen konstruksi. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: