Tambah Kuota 2 Kali Lipat, Menhub Budi Karya Sumadi Siapkan Program Mudik Gratis dengan Pesawat Terbang

Tambah Kuota 2 Kali Lipat, Menhub Budi Karya Sumadi Siapkan Program Mudik Gratis dengan Pesawat Terbang

Menhub Budi Karya Sumadi saat melepas peserta mudik gratis di Pelabuhan Tanjungpriok-hasyim asyari-fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan menambah kuota mudik gratis lebih banyak 2 kali lipat. 

Salah satunya caranya dengan membuka peluang dengan menyiapkan program mudik gratis dengan pesawat terbang.

"Yang mudik tahun ini banyak banget, ya. Jadi ini sebagian ikut mudik, tapi yang akan datang, saya sudah bilang Pak Ginting, musti dua kali lipat, ya (kuota)" kata Menhub Budi di Pelabuhan Tanjung Priok saat melepas para pemudik, Jumat 5 April 2024.

"Dua kali lipat. Setuju? Alhamdulillah. Itu lah satu gambaran. Kita melakukan ini karena amanah pak Presiden harus kita laksanakan yang baik. Ini bagian daripada kita menjalankan perjalanan dengan safety," sambungnya.

Tak hanya itu, Menhub Budi Karya Sumadi juga berencana akan merambah peluang untuk membuat program mudik gratis dengan pesawat terbang.

Namun, Menhub Budi belum bisa memastikan kapan program mudik gratis dengan pesawat terbang itu akan direalisasikan.

BACA JUGA:

"Ini adalah satu keadaan yang baik untuk alternatif solusi bagi masyarakat yang rentan kalau jalan naik motor, misalnya, ada kapal, ada bis, ada kereta, saya cemati, hanya pesawat aja belum nih," ujarnya.

"Ada susah kayaknya kalau pesawat gratis, ya. Insya Allah. Tapi ini terobosan pemerintah yang sangat baik," pungkasnya.

Sementara, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut (Dirlala) Hendry Ginting memaparkan daftar total peserta Mudik Gratis 2024 dari Kementrian Perhubungan mencapai 9.600 penumpang.

"Waktu pelepasan mudik gratis pada tanggal 5 April dan 7 April, periode mudik 13 dan 15 April periode balik, dengan total kuota 9 .600 penumpang, sampai tanggal 4 April 2024, total pendaftar terverifikasi sebagai berikut 5 April 2024 rute Jakarta Semarang sebesar 1 ,072 motor dan 2 ,398 penumpang," ujarnya, dikutip Jumat 5 April 2024.

Per tanggal 7 April 2024 dengan rute Jakarta Semarang sebesar 1 .009 motor dan 2 .457 penumpang. Kemudian 13 April 2024 dengan Rute Semaran Jakerta sebesar 1 ,023 motor dan 2367 penumpang. 

15 April 2024, Rute Semarang Jakarta sebesar 1 ,008 motor dan 2 ,423 penumpang. Realisasi keberangkatan pertama pada tangga 5 April 2024 sebanyak 2 .037 penumpang dan 876 motor. (hasyim ashari)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: