Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 di Indonesia Bakal Dorong Perekonomian Negara

Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 di Indonesia Bakal Dorong Perekonomian Negara

Maskot Piala Dunia U-20-ist-ist

"Selain itu banyak manfaat lain yang non ekonomi bisa didapatkan dari event ini," ucap Piter.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan event olahraga ini memiliki dampak ekonomi mulai dari pemasukan dari karcis, penonton, hotel dan restoran di daerah sekitar tempat event.

Dia juga berharap, event ini mampu mengundang wisatawan asing untuk menambah geliat ekonomi sekaligus devisa bagi negara.

BACA JUGA:4 Negara Jadi Peserta Turnamen Mini Internasional U-20, Berikut Jadwalnya

"Berapa banyak penonton asing yang datang untuk menyaksikan? Berapa hari mereka di sini dan spending uangnya ? Semakin lama, semakin bagus dan uang yang mereka keluarkan semakin banyak. Namanya event olahraga internasional. Walaupun memang tidak sebesar world cup benerannya ya, tapi tetap ada transaksi," katanya, dikutip Senin 20 Februari 2023.

Dia berharap panitia dapat membuat event-event kecil guna dapat mendorong hype dari acara inti FIFA U-20 World Cup 2023 ini.

"Misalnya menggelar event ke berbagai lokasi atau daerah, nah untuk penyelenggaraan harus ada roadshow mengenalkan pemain kunci dari setiap negara. Contoh berikutnya seperti event penunjang hiburannya antara lain pentas musik apapun yang datangkan ekonomi dan termasuk penyelenggara pembukaanya bisa besar besaran," pungkasnya. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: