Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 di Indonesia Bakal Dorong Perekonomian Negara

Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 di Indonesia Bakal Dorong Perekonomian Negara

Maskot Piala Dunia U-20-ist-ist

Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 di Indonesia Bakal Dorong Perekonomian Negara - Indonesia dipastikan tetap akan menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023. 

FIFA sudah menetapkan jadwal Piala Dunia U-20 2023 Indonesia yaitu laga ini akan dilaksanakan dari tanggal 20 Mei sampai 11 Juni 2023. 

BACA JUGA:Jelang Piala Dunia U-20, Enam Stadion Berstandar Internasional Terus Ditata

Sebagai kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, ada 24 negara yang akan bertanding di perhelatan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Dari ke-24 slot peserta, sudah ada 12 tim negara yang mengamankan tiket ke perhelatan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, yaitu Indonesia (Tuan Rumah), Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, dan Slowakia. Sisa 12 tempat yang kosong dalam laga ini akan segera diisi oleh nama-nama timnas dari hasil pertandingan kualifikasi lainnya, yaitu AFC (Asia), CAF (Afrika), dan CONMEBOL (Amerika Selatan).

Terlepas dari spekulasi 12 negara lain yang ikut bertanding, kemeriahan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia diyakini bakal turut memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. 

Apa dampak Positif penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia untuk perekonomian?

Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah Redjalam mengatakan, event internasional kalau dikelola baik pasti berdampak positif. Termasuk FIFA U20 World Cup.

 BACA JUGA:30 Nama Pemain Timnas U-20 yang Dipanggil Shin Tae-yong

"Event tersebut diperkirakan bakal mendatangkan kunjungan wisatawan asing dan juga domestik. Akan terjadi kenaikan demand yang menggerakkan perekonomian. Konsumsi naik," kata Piter dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin 20 Februari 2023. 

Terlebih lagi Pemerintah Indonesia sudah berkomitmen untuk memastikan event tersebut  berjalan dengan sukses sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian negara. 

Pemerintah pun telah bekerja sama dengan FIFA dan mitra-mitra lokal untuk memastikan bahwa turnamen ini berlangsung dengan lancar dan memenuhi standar internasional.

Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 berdampak positif bagi berbagai sektor, termasuk pariwisata, perhotelan, dan transportasi. 

BACA JUGA:Ingin Jadi Relawan Piala Dunia U-20 Indonesia, Buruan Cek Syarat dan Cara Pendafatarannya di Sini

Dengan demikian, FIFA U-20 World Cup 2023  dapat membantu Indonesia meningkatkan perekonomian negara dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: