80 Juta Orang Diprediksi Mudik 2023, Menhub Budi Karya Bagikan Update Penyelenggaraan Angkutan Lebaran

80 Juta Orang Diprediksi Mudik 2023, Menhub Budi Karya Bagikan Update Penyelenggaraan Angkutan Lebaran

Menhub Budi Karya Sumadi.-Instagram/@budikaryas-

80 juta orang diprediksi Mudik 2023, Menhub Budi Karya bagikan update penyelenggaraan angkutan Lebaran - Menhub Budi Karya bagikan update penyelenggaraan angkutan Lebaran karena 80 juta orang diprediksi mudik 2023.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan sejumlah langkah untuk menyiapkan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2023.

Hal tersebut dilakukan Kemenhub agar momen mudik dapat berjalan dengan selamat, aman, nyaman, dan terkendali.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilang pengelolaan arus mudik dan balik lebaran 2023 sangat menantang.

BACA JUGA:Mudik Gratis 2023 Digelar, Ini Lokasi Pendaftaran yang Mulai Dibuka Awal Maret

Tepatnya yaitu bagaimana mengendalikan lonjakan pergerakan orang yang lebih besar dari tahun lalu, yang prediksinya mencapai 80 juta orang.

"Lonjakan ini diprediksi akan terjadi karena tahun ini kasus COVID menurun, sudah tidak ada PPKM, dan keadaan ekonomi membaik," kata Budi dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, 17 Februari 2023.

Adapun sejumlah langkah yang dilakukan sejak awal 2023 ini, di antaranya menyiapkan survei potensi pergerakan mobilitas masyarakat selama angkutan Lebaran.

Kemudian juga melaksanakan inspeksi keselamatan (ramp check) pada sarana transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api.

BACA JUGA:Pengamanan Arus Mudik Lebaran, Polda Banten Gunakan ETLE Drone Untuk Urai Kemacetan

Di sektor darat, Kemenhub bersama Kementerian PUPR dan Korlantas Polri telah mengecek kondisi jalur pantai selatan dan pantai utara Jawa.

Budi Karya mengatakan penyelenggaraan angkutan Lebaran dan angkutan Natal dan Tahun Baru pada 2022 lalu menjadi modal atau bekal penting untuk meningkatkan kinerja pelayanan angkutan Lebaran tahun ini.

"Dengan pengalaman empiris tahun sebelumnya, kami telah mengidentifikasi sejumlah titik krusial yang berpotensi terjadi masalah jika tidak ditangani dengan baik," ujar Budi.


Menhub Budi Karya Sumadi.-Humas/Rah/Agg-setkab.go.id

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: