Cek Disini! Persyaratan Dapat Pinjaman KUR Mandiri 2023, Bisa Pinjam Sampai Rp500 Juta Tanpa Jaminan

Cek Disini! Persyaratan Dapat Pinjaman KUR Mandiri 2023, Bisa Pinjam Sampai Rp500 Juta Tanpa Jaminan

Ilustrasi - Pinjaman KUR Mandiri 2023 (Ist)--

Besaran bunga per tahunnya yaitu beragam seperti pada ketentuan KUR Mikro, mulai dari 6 - 9 persen per tahun. 

Sama seperti KUR Mikro, debitur yang telah menerima pinjaman KUR lebih dari sekali sebelum Permenko berlaku, diperlakukan sebagai penerima KUR pertama kali.

Bagi debitur graduasi/naik kelas dari KUR super mikro dan KUR mikro yang mengajukan pinjaman berulang, dihitung sebagai melanjutkan skema KUR sebelumnya.

BACA JUGA:Ada KUR BNI Buat Petani Porang Nih, Gabung di Ekosistem Porang Kredit Cair

Adapun tenor pinjaman KUR Mandiri kecil paling lama 4 tahun untuk kredit modal kerja (KMK) atau paling lama 5 tahun untuk kredit investasi (KI).

Syarat yang ini juga sama, yaitu UMKM yang dimiliki calon debitur sudah beroperasi minimal selama 6 bulan.

4. Pinjaman KUR Mandiri 2023 TKI

Pinjaman KUR Mandiri 2023 TKI memiliki besaran plafon yang disesuaikan dengan struktur biaya yang ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). 

Calon debitur KUR TKI harus memenuhi 2 syarat sebagai berikut: 

  1. Memiliki perjanjian penempatan TKI yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan pekerja migran dan/atau peserta magang Indonesia;
  2. Memiliki perjanjian kerja dengan pengguna bagi TKI dan/atau peserta magang Indonesia baik yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan, pemerintah, atau TKI yang bekerja secara perseorangan.

BACA JUGA:Teten Masduki: Kenaikan Alokasi KUR BNI Langkah yang Tepat

5. Pinjaman KUR Mandiri 2023 Khusus

Pinjaman KUR Mandiri 2023 Khusus memiliki plafon maksimal Rp500 juta setiap individu anggota kelompok, dengan bunga 6 persen per tahun.

Calon debitur KUR Mandiri khusus adalah kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat, peternakan rakyat, perikanan rakyat, industri usaha mikro, kecil, dan menengah, atau komoditas sektor produktif lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR khusus.

Adapun tenor pinjaman KUR Mandiri Kecil paling lama 4 tahun untuk kredit modal kerja (KMK), atau paling lama 5 tahun untuk kredit investasi (KI).

Calon debitur KUR khusus adalah UMKM, UMKM di wilayah perbatasan dengan negara lain, dan kelompok UMKM (kelompok usaha atau gabungan kelompok tani dan nelayan (Gapoktan).

BACA JUGA:99 Persen Nasabah Merasa Puas atas Layanan KUR BRI

UMKM yang dimiliki calon debitur,  sudah beroperasi minimal selama 6 bulan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: