Sejumlah Senator AS Ancam Sanksi ICC Jika Berani Terbitkan Surat Perintah Penangkapan Benjamin Netanyahu

Sejumlah Senator AS Ancam Sanksi ICC Jika Berani Terbitkan Surat Perintah Penangkapan Benjamin Netanyahu

Dari kiri: Menteri Pertahanan Yoav Gallant, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Kepala Staf IDF Letjen Herzi Halevi pada upacara wisuda taruna di sekolah perwira IDF di Israel selatan, yang dikenal sebagai Bahad 1, 7 Maret 2024. (Amos Ben Gersom/GPO)--

FIN.CO.ID- Sejumlah senator Amerika Serikat tidak terima jika Mahkamah Pidana Internasional (ICC) menerbitkan surat penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. 

Mahkamah yang dipimpin jaksa Karim Ahmad Khan itu saat ini tengah menyelidiki dugaan kejahatan perang dan pelanggaran HAM yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Para senator Amerika Serikat mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada ICC jika menerbitkan surat penangkapan Netanyahu. 

BACA JUGA:

"Kami hendak menanggapi laporan yang menyatakan bahwa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) kemungkinan akan mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadap perdana menteri Benjamin Netanyahu dan pejabat Israel lainnya," demikian menurut isi surat mereka kepada ICC.

"Tindakan tersebut tidak sah dan tidak memiliki dasar hukum, dan apabila dilaksanakan, akan menimbulkan sanksi yang berat terhadap Anda dan institusi Anda," ucap surat itu, sebagaimana diumumkan Senator Katie Boyd Britt.

Selain oleh Britt, surat yang dipublikasikan media Politico pada Senin 5 Mei 2024 itu turut ditandatangani oleh Senator Tom Cotton, Mitch McConnell, Marsha Blackburn, Ted Budd, Kevin Cramer, Ted Cruz, Bill Hagerty, Pete Ricketts, Marco Rubio, Rick Scott dan Tim Scott.

BACA JUGA:

Para senator yang semuanya berasal dari Partai Republik tersebut menganggap agresi Israel di Jalur Gaza merupakan tindakan membela diri yang dapat dibenarkan.

Oleh karena itu, mereka mengecam ICC yang diduga akan mengeluarkan perintah penangkapan.

"Menerbitkan perintah penangkapan terhadap pimpinan Israel, selain tidak dapat dibenarkan, juga akan menunjukkan kemunafikan dan standar ganda organisasi Anda," demikian surat tersebut.

Pekan lalu, media AS melaporkan bahwa ICC kemungkinan akan segera mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pejabat Israel yang terdiri dari Benjamin Netanyahu, menteri pertahanan Yoav Gallant, dan petinggi Angkatan Bersenjata Israel. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: sputnik