Polda Jateng Uji Coba Tilang Elektronik ETLE Berbasis Drone, Dilakukan Serentak di 35 Polres

Polda Jateng Uji Coba Tilang Elektronik ETLE Berbasis Drone, Dilakukan Serentak di 35 Polres

Seorang pilot drone menerbangkan sebuah pesawat nirawak yang berfungsi sebagai perangkat tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) berbasis drone dalam kegiatan sosialisasi dan uji coba ETLE Drone yang digelar Tim Sigar Subditgakkum Ditl--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polres Kota Banyumas menggelar sosialisasi dan uji coba tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) berbasis drone. 

Uji coba ETLE berbasis drone tersebut digelar di Jalan Jenderal Soedirman sisi selatan Alun-Alun Purwokerto, Selasa 31 Januari 2023. 

Tim Seksi Pelanggaran (Sigar) Subdirektorat Penegakan Hukum (Subditgakkum) Ditlantas Polda Jateng menerbangkan satu unit pesawat nirawak (drone) untuk memantau arus lalu lintas di ruas jalan tersebut.

BACA JUGA:Hibah ETLE Tahap III, Hindari Debat antara Petugas dengan Pengendara

Dari hasil uji coba ETLE Drone tersebut, sejumlah pelanggaran lalu lintas terekam oleh kamera yang terpasang pada pesawat nirawak tersebut.

Namun Tim Sigar Subditgakkum belum bisa memastikan berapa jumlahnya karena harus melalui serangkaian proses verifikasi dan validasi.

Kepala Sigar Subditgakkum Ditlantas Polda Jateng Kompol Ilham Syafriantoro Sakti mengatakan selain bekerja sama dengan Satlantas Polresta Banyumas, dalam sosialisasi dan uji coba penindakan pelanggaran lalu lintas melalui ETLE Mobile yang terintegrasi dengan pesawat nirawak tersebut pihaknya menggandeng Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI).

"Jadi, ini merupakan perintah dari Pak Dirlantas langsung dan dilaksanakan di 35 polres di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Ini (Purwokerto, Red) merupakan lokasi ke-29," ujarnya pula.

BACA JUGA:Ups, Terapkan Tilang Eletronik, Tapi Polda Metro Jaya Ngaku Anggaran Pengiriman Surat Tilang ETLE Minim

Menurut dia, ETLE yang terintegrasi dengan pesawat nirawak itu merupakan penyempurnaan dan pengembangan ETLE yang sudah sangat masif dilaksanakan di Polda Jateng.

"Seperti kita ketahui di Polda Jawa Tengah ini ada ETLE Statis, ETLE Mobile Handheld, dan ini disempurnakan kembali oleh ETLE Drone," katanya lagi.

Kompol Ilham mengatakan fungsi dari pesawat nirawak tersebut tentu saja tidak hanya serta-merta untuk penindakan pelanggaran.

Menurut dia, hal itu juga bagian dari upaya manajemen lalu lintas (traffic management) dalam memantau situasi arus lalu lintas di lokasi-lokasi tertentu khususnya titik-titik trouble spot atau blank spot.

BACA JUGA:ETLE Mobile Menindak 250 Pelanggaran per Hari, Ini Jam dan Jalur Paling Sering Dilanggar

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: