Kerja Sama PLN-IPB Manfaatkan Limbah Batu Bara untuk Jaga Kesuburan Tanah

Kerja Sama PLN-IPB Manfaatkan Limbah Batu Bara untuk Jaga Kesuburan Tanah

PLN-IPB Manfaatkan Limbah Batu Bara--

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung Ajrun Karim menjelaskan, selain untuk kesuburan tanah, FABA juga bisa dimanfaatkan untuk menutup lubang dan reboisasi lahan pasca tambang. 

 

BACA JUGA:Apresiasi Pengguna PLN Mobile, PLN Bagikan Ratusan Hadiah Dalam Gelegar Cuan

 

Karakteristiknya yang memiliki kandungan unsur tanah dan bersifat pozolanik hampir seperti semen sangat cocok untuk menambah unsur hara pada tanah, lahan pertanian maupun penghijauan.

 

"Tidak perlu mendatangkan bahan penutup tambang yang lebih jauh dari sumber produksi FABA. Sebab FABA meningkatkan geoteknik dan kestabilan tambang, menurunkan permeabilitas air sehingga menahan air berkualitas buruk dan tidak mencemari air tanah," kata Ajrun.

 

Dalam kesempatan itu, Manager PLN Unit Induk Pelaksana Pembangkitan Bangka Belitung (PLN UPK Babel) Umar Farouk Andy Saputra mengajak akademisi IPB untuk melihat langsung hasil pemanfaatkan FABA di lingkungan kerjanya. Salah satunya dalam pembuatan Taman Edupark, yang seluruh bahan pembuatan taman menggunakan limbah batu bara.

 

“Seluruh bahan dalam pembuatan Taman Edupark dari paving block/batako, beton cor, roster, stabilisasi lahan, pembenahan tanah, panel beton U-Ditch, bollard, tetrapod dan produk lainnya semua menggunakan FABA," pungkas Farouk.

 

BACA JUGA:Konser Musik Nusantara Siap Ramaikan Puncak Gelegar Cuan PLN Mobile

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: