Ratusan Kios Pasar Sentral Makassar Ludes Terbakar, Polisi Lakukan Penyelidikan

Ratusan Kios Pasar Sentral Makassar Ludes Terbakar, Polisi Lakukan Penyelidikan

Ilustrasi kebakaran-Tuahta Simanjuntak-fin.co.id

MAKASSARA, FIN.CO.ID- Kepolisian Resor Kota Besar (Polresta) Pelabuhan Makassar tengah menyelidiki penyebab kebakaran ratusan kios di Blok B Selatan pelataran Pasar Sentral Makassar, Sulawesi Selatan.

"Statusnya status quo dulu agar apinya sudah padam. Nanti kami akan lakukan penyelidikan," ujar Kepala Polresta Pelabuhan Makassar AKBP Yudi Frianto di Makassar, dilansir dari Antara, Rabu 28 Desember 2022.

Kejadian kebakaran, kata dia, diperkirakan terjadi pada 18.30 Wita. Saat ini, pihak kepolisian terus berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan manajemen Perusahaan Daerah (PD) Makassar Raya.

BACA JUGA:Kebakaran Hebat di Mampang Prapatan, 36 Unit Damkar Dikerahkan

BACA JUGA:Ini Penyebab Kebakaran Gedung Kemendagri, 8 Pemadam dan 40 Personel Damkar Dikerahkan

Saat ditanyakan apa penyebab kebakaran, sebab dari informasi yang beredar diduga pemicu kebakaran akibat korsleting listrik di gardu saat hujan deras tadi, serta adapula menyebut adanya dugaan kesengajaan, kata dia, itu belum bisa disimpulkan.

"Dugaan awalnya belum tahu, nanti pada saat Labfor (Laboratorium Forensik) datang baru kita tahu. Yang pasti kita akan lakukan penyelidikan," ucap dia menegaskan.

Sejauh ini petugas kepolisian memasang garis polisi di Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk proses pelaksanaan olah TKP dalam rangka penyelidikan lebih lanjut.

BACA JUGA:Penyebab Kebakaran Pasar Mardika Ambon yang Hanguskan Ratusan Rumah dan Tewaskan 2 Orang Diselidiki

BACA JUGA:2 Orang Tewas dalam Kebakaran Ratusan Kios dan Rumah di Kota Ambon

"Proses penyelidikan tetap, mulai dari selesai pemasangan police line akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Dugaan belum tahu nanti pada olah TKP baru kita ketahui (penyebabnya)," papar Kapolres.

"Jelasnya, tetap diselidiki dari keterangan saksi dan olah TKP apa penyebabnya. Dari kejadian kebakaran tadi tidak ada penjarahan," tutur dia menambahkan.

Dari informasi yang diperoleh tim lapangan, api cepat membesar dan menjalar ke kios lainnya karena angin kencang disertai hujan deras. Barang mudah terbakar seperti kain bahkan ada tabung gas diduga ikut terbakar hingga terjadi suara ledakan.

Sedangkan untuk tindakan kepolisian usai kebakaran itu, kata Yudi, akan dibuka satu pintu, kemudian dipasang tenda untuk koordinasi bersama Satpol PP agar masyarakat maupun pedagang yang masuk ke lokasi bisa dipantau dan diketahui pihak pengamanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: