Melalui Inisiatif Transisi Energi, PLN Siap Dukung Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission di 2060

Melalui Inisiatif Transisi Energi, PLN Siap Dukung Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission di 2060

PLN Siap Dukung Pemerintah Wujudkan Net Zero Emission di 2060--(dok.PLN)

"Untuk mewujudkan NZE, strategi besarnya adalah shifting away,  dari pembangkit berbahan fosil menjadi pembangkit EBT. Untuk jangka panjang, jika pembangkit EBT digunakan dalam skala besar, maka dibutuhkan teknologi pendukungnya seperti baterry energy storage system (BESS) dan interkoneksi antar pulau," jelas Kamia.

Selain itu kata Kamia, PLN juga mendorong penggunaan kendaraan listrik lewat penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

Selain itu, PLN juga melalui aplikasi PLN Mobile telah mengembangkan fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS). Aplikasi ini diluncurkan agar memberi kemudahan layanan bagi pemilik Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Melalui fitur ini pelanggan PLN dapat mengetahui lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat. Selain itu, EVDS bisa mengontrol dan memonitor proses pengisian baterai mobil di SPKLU.

"Sudah dilakukan berbagai kolaborasi, ada lebih dari 240 charging station yang saat ini sudah masuk ke dalam EVDS. Ini suatu aplikasi yang PLN bangun agar masyarakat bisa mengetahui titik-titik SPKLU dan ketika melakukan transaksi pembelian listrik juga bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut," kata Kamia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: