Penjelasan Mengenai Pangkat Tituler, Seperti yang Diberikan Prabowo Kepada Letkol Deddy Corbuzier

Penjelasan Mengenai Pangkat Tituler, Seperti yang Diberikan Prabowo Kepada Letkol Deddy Corbuzier

Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto memberikan pangkat Letnan Kolonel Tituler Angkatan Darat kepada YouTuber kenamaan, Deddy Corbuzier.-Instagram.com-

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Artis yang juga Youtuber Deddy Corbuzier baru saja diamanahkan Pangkat Tituler oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. 

Dengan pemberian Pangkat Tituler tersebut, Artis yang dulunya seorang mentalist itu berhak menyandang nama Letkol Deddy Corbuzier. 

BACA JUGA:Deddy Corbuzier Diberi Pangkat Letnan Kolonel Tituler AD oleh Menhan Prabowo

BACA JUGA:Deddy Corbuzier vs Livy Renata Saling Lempar Sindiran di Twitter Gegara Bahas Keperawanan Perempuan

Lalu, apa sebenarnya Pangkat Tituler itu dan mengapa Deddy Corbuzier diberikan pangkat Letkol meski ia tak pernah mengenyam pendidikan militer?

Di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Administrasi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), diatur soal penyematan pangkat. 

Dalam Pasal 5 ayat 2 huruf b berbunyi: Yang dimaksud dengan "pangkat lokal" adalah pangkat yang diberikan kepada seorang prajurit oleh pejabat yang berwenang guna keabsahan melaksanakan suatu tugas atau jabatan yang sifatnya sementara, seperti inspektur upacara dalam pemakaman militer, komandan upacara dalam suatu upacara militer, pembawa lambang/pataka/duaja/pusara, oditur militer, atau Hakim Militer selama proses penyidangan suatu perkara di lingkungan peradilan militer. Setelah tugas atau jabatan tersebut selesai, yang bersangkutan kembali ke pangkat semula.

Yang dimaksud dengan "pangkat tituler" adalah Pangkat yang diberikan kepada Warga Negara yang sepadan dengan jabatan keprajuritan yang dipangkunya, serendah-rendahnya Letnan Dua. 

BACA JUGA:Pedas! Livy Renata Sindir Keras Deddy Corbuzier Kerap Bahas Keperawanan ke Perempuan

BACA JUGA:Jeka Saragih Sambangi Podcast Close The Door, Deddy Corbuzier: Berantem Yuk

Setelah yang bersangkutan tidak lagi memangku jabatan keprajuritan, maka pangkat yang bersifat tituler dicabut. 

Selain Deddy Corbuzier, Pangkat Tituler sebelumnya juga pernah diberikan kepada Idris Sardi pada tahun 1996. 

Ketika itu, Idris Sardi diberikan Pangkat Tituler karena ia harus bekerja mengajarkan musik di kalangan militer. Maka itu ia dianugerahi Pangkat Tituler untuk membuatnya sepadan dengan militer TNI.

Diketahui, melalui akun Instagram, Deddy Corbuzier yang bernama asli Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo itu menerima map dari Menhan Prabowo Subianto. 

Sumber: