Pengakuan Jokowi Usulkan Yudo Margono Calon Panglima TNI

Pengakuan Jokowi Usulkan Yudo Margono Calon Panglima TNI

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. (ANTARA/Handout/aa.)--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden RI Joko Widodo menyebut salah satu alasan pengajuan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI adalah karena rotasi matra.

"Satu, yang kita ajukan satu (calon), Kasal yang sekarang karena memang kita rotasi matra," kata Jokowi di Pontianak, Selasa 29 November 2022.

BACA JUGA:Mengejutkan, PLTA Bungbulang Garut Jebol, Terindikasi Akibat Pergerakan Tanah

Jokowi mengatakan nama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Yudo Margono sudah diajukan kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.

Seperti diketahui, sebelumnya jabatan Panglima TNI diisi oleh Jenderal Andika Perkasa yang berasal dari TNI Angkatan Darat dan sebelumnya lagi oleh Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang berasal dari TNI Angkatan Udara.

Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI sendiri telah disampaikan kepada DPR oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Senin (28/11). 

BACA JUGA:Bejat! Pria Tuna Wicara di Tambora Cabuli Anak Dibawah Umur, Modus Ngajak Mandi Bareng

Selanjutnya Laksamana TNI Yudo Margono akan segera menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

Penunjukan calon Panglima TNI Yudo Margono ditanggapi Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas.

Umbas mengatakan, penunjukan calon Panglima TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal oleh Presiden Joko Widodon (Jokowi) sudah tepat.

BACA JUGA:Sidang Penembakan Brigadir J, Ferdy Sambo Kembali Ucapkan Kata Kata Ini

“Terkait Laksamana TNI Yudo Margono untuk menjadi calon tunggal Panglima TNI, kami berpandangan bahwa pilihan Presiden sangat tepat," katanya, Selasa 29 November 2022.

Dia menjelaskan rekam jejak Laksamana TNI Yudo sangat cemerlang dengan penugasan terakhir sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal).

"Kami sangat mendukung dan menyampaikan selamat kepada Laksamana TNI Yudo Margono,” ujarnya.

Sumber: