Alhamdulillah, Nelayan Kalibaru Jakarta Utara Dapat Bantuan Mesin Kapal Perikanan dari KKP

Alhamdulillah, Nelayan Kalibaru Jakarta Utara Dapat Bantuan Mesin Kapal Perikanan dari KKP

KKP serahkan bantuan 41 mesin kapal perikanan kepada nelayan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu 16 November 2022 (dok. KKP)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan Bantuan Mesin Kapal Perikanan kepada 5 Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan di Kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara pada Rabu, 16 November 2022. 

Penyerahan bantuan tersebut dipimpin langsung oleh Dirjen Perikanan Tangkap M. Zaini Hanafi, didampingi Direktur Kapal Perikanan dan Alat Tangkap Perikanan (KAPI), Mochamad Idnillah, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan Jakarta Utara dan para penerima bantuan mesin kapal perikanan.

BACA JUGA:KKP Bakal Bagi-bagi Alat Penangkap Ikan dan Permesinan Kapal Untuk Nelayan, Cek Syaratnya Disini...

BACA JUGA:KKP Targetkan PNBP 2023 Tembus Rp 3,5 Triliun, Bakal Digunakan Untuk Bangun Kampung Nelayan

Adapun bantuan yang diberikan yakni berupa 41 unit mesin kapal di bawah 5 GT, yang terdiri dari 15 mesin stasioner dan 26 mesin katinting. Harapannya adalah agar nelayan makin meningkat kesejahteraannya dengan sarana prasarana yang diberikan.

Direktur KAPI Mochamad Idnillah, yang ditemui wartawan usai kegiatan menuturkan bahwa ini adalah tindak lanjut dari kegiatan Bakti Sosial yang diadakan pada awal bulan lalu bersama Ibu Menteri Sosial, Tri Rismaharini, yang pada waktu itu KKP telah menyerahkan bantuan secara simbolik.

"Bahwa bantuan ini diberikan kepada Nelayan yang berada di sini, atas arahan dari pak Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. Kami telah melakukan survei melihat langsung kondisi kehidupan mereka yang sangat miris sekali di tengah Ibu Kota namun masih jauh dari tingkat kesejahteraan," kata Cak Moch sapaan akrabnya kepada awak media di Jakarta. 

Kemudian lanjut Cak Moch, saat melakukan survei, berdialog dengan para nelayan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, maka diputuskanlah bantuan yang diberikan kepada mereka adalah Mesin Kapal Perikanan. 

BACA JUGA:KTT G20 Harus Jadi Langkah Strategis Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia

BACA JUGA:Dahsyat, Ekonomi Maritim Indonesia Bisa Hasilkan Rp7 Ribu Triliun

"Adapun alat tangkap perikanan, yang mereka miliki masih sangat layak dan mereka tidak membutuhkan itu. Kami berharap bantuan ini benar-benar dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka. Jangan sampai setelah diberikan malah nanti mereka jual mesinnya," tegas Cak Moch.

KKP kata Cak Moch sengaja menghadirkan Sudin Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan Jakarta Utara supaya menyaksikan langsung dan memberikan edukasi kepada masyarakatnya agar bantuan yang diberikan ini jangan sampai tidak bermanfaat untuk mereka.

"Saya mendengar Kasudinnya menyampaikan langsung kepada para Nelayan, bahwa dia akan mengawasi dan ingin melihat sampai mesin ini rusak dalam artian mesin kapal ini tidak dijual oleh mereka," pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: