Antisipasi Kriminalitas, Kelurahan Wanasari Cibitung Ciptakan Inovasi 'Mata Elang' dan Command Center

Antisipasi Kriminalitas, Kelurahan Wanasari Cibitung Ciptakan Inovasi 'Mata Elang' dan Command Center

Salah satu titik yang dipasang kamera pengawas mata elang milik Kelurahan Wanasari-Tuahta Simanjuntak untuk FIN.CO.ID-

BEKASI, FIN.CO.ID -- Maksimalkan pengawasan keamanan dan ketertiban, Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung membuat inovasi terbaru dalam menjaga wilayahnya.

Lurah Wanasari, Sarkum mengungkapkan pihaknya membuat inovasi berupa "Mata Elang" dan Command Center di wilayahnya, melalui pemasangan kamera pengawas/CCTV di titik strategis

BACA JUGA:Waspada Peredaran Uang Palsu di Bekasi, Pedagang Harus Lebih Teliti

BACA JUGA:Korban Tabrak Lari Mobil di Harapan Indah Dapat Teror: Bagus Cuma Saya Serempet!

"Jadi pantauan, CCTV ini mampu menampilkan situasi dan kondisi terkini setiap saatnya, sehingga proses penindakannya juga jauh lebih cepat," ungkap Sarkum, Selasa 15 November 2022.

Dengan adanya "Mata Elang" dan Command Center, segala hal di wilayahnya dapat terpantau, termasuk para remaja yang diduga akan melakukan aksi tawuran.

“Dengan adanya ‘Mata Elang’ ini kita berhasil menindaklanjuti kerumunan remaja yang berkumpul di bawah Underpass Cibitung ditengah maraknya aksi gangster," terangnya.

Ia menjelaskan, kamera pengawas di setiap titik akan mengawasi dugaan tindak kriminalitas sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Guru SDN di Kota Bekasi yang Lecehkan Siswanya Hanya Jebolan SMA

BACA JUGA:Diduga Melakukan Pelecehan Terhadap Siswa SD, Terduga Pelaku Mangkir Saat Dipanggil Disdik Kota Bekasi

Petugas akan langsung berkomunikasi dengan RW dan juga petugas terkait, guna mencegah kenakalan remaja yang dapat membahayakan warga sekitar.

Nantinya, petugas dari 2 RW akan langsung bergegas menindaklanjuti dugaan gangguan ketentraman dan ketertiban umum yang terpantau dalam kamera.

“Nanti masyarakat langsung bergegas menutup akses para remaja tersebut, sehingga para remaja itu tetap berada di area untuk dimintai keterangan dan dilakukan langkah-langkah prosedur yang berlaku,” jelasnya.

Sarkum mengatakan, Kelurahan Wanasari baru saja mendapat penambahan kamera pemantau CCTV dari pihak swasta dan telah terpasang di titik rawan kejahatan.

Sumber: