Kilas Balik Aksi Bung Tomo di Pertempuran 10 November, Hingga Namanya Dipakai Stadion Kebanggaan Persebaya

Kilas Balik Aksi Bung Tomo di Pertempuran 10 November, Hingga Namanya Dipakai Stadion Kebanggaan Persebaya

Tokoh Nasional Indonesia, Bung Tomo saat menyampaikan pida\--wikipedia

JAKARTA, FIN.CO.ID - Tokoh Bung Tomo menjadi sosok yang identik dalam memperingati hari pahlawan 10 November. Hingga namanya dijadikan nama stadion klub sepak bola Persebaya Surabaya.

Sosok Bung Tomo dikenang ketika dia mengobarkan semangat para pejuang tentara Indonesia ketika bertempur melawan pasukan Inggris di Surabaya, pada 10 November 1945.

Bung Tomo bersama Tentara Indonesia berjuang habis-habisan ketika bertempur melawan pasukan Inggris yang ingin merebut kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan Bung Tomo bersama tentara Indonesia melawan pasukan Inggris. Menjadi pertempuran besar dan terberat dalam sejarah revolusi Indonesia. Dan hal ini menjadi  cikal bakal hari pahlawan pada 10 November .

BACA JUGA:Hari Pahlawan 10 November Kenapa Tidak Libur? Begini Alasannya...

BACA JUGA:Harga Emas Antam 10 November 2022, Termasuk Harga Emas Antam di Pegadaian Jenis Batik, Retro Hingga UBS

Pertempuran di Surabaya

Bentrokan rakyat Indonesia dengan tentara Inggris memuncak ketika terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby yaitu Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh. 

Dia kemudian mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945 yang meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA serta ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila orang orang Indonesia tidak mentaati perintah Inggris.

Mereka juga mengeluarkan instruksi yang isinya bahwa semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan.

Namun ultimatum itu tidak ditaati oleh rakyat Surabaya, sehingga terjadilah pertempuran Surabaya. Peristiwa menegangkan ini sosok Bung Tomo Hadir.

BACA JUGA:Infografis: Statistik Covid-19 di Indonesia Selasa, 10 November 2020

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi Diprediksi Hingga 10 November

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: