Manfaat Lain Energi Nuklir Selain Senjata Mematikan, Ternyata Bisa Digunakan Untuk Kesehatan Hingga Industri

Manfaat Lain Energi Nuklir Selain Senjata Mematikan, Ternyata Bisa Digunakan Untuk Kesehatan Hingga Industri

Diskusi publik bertajuk "Mengkomunikasikan Pengawasan Nuklir di Indonesia", diselenggarakan di Kantor Bapeten, Rabu 9 November 2022. (dok Bapeten)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Banyak yang belum memahami, ketika seseorang berbicara mengenai energi nuklir, selalu dikaitkan dengan senjata mematikan. 

Tak bisa dipungkiri, dunia memiliki sejarah kelam tentang senjata mematikan nuklir, yaitu bom di Nagasaki dan Hiroshima. Hal itulah yang kemudian menjadi akhir dari Perang Dunia Kedua di tahun 1945 silam. 

BACA JUGA:Bapeten Sebut IKN Nusantara Bisa Saja Gunakan Energi Nuklir Untuk Pembangkit Listrik, Tapi....

BACA JUGA:Gawat! NATO Mulai 'Main-Main' Bom Nuklir di Belgia, Alasannya Latihan Rutin

Namun demikian, kekhawatiran tentang dampak buruk dari energi nuklir juga hingga ini masih menjadi isu dunia, bahkan beberapa diantaranya menyebabkan peperangan. Contohnya seperti terjadi antara Iran dengan Amerika Serikat. 

Namun demikian, diluar pemanfaatan energi nuklir untuk senjata mematikan, ternyata nuklir banyak sekali manfaatnya. 

Di Indonesia sendiri, energi nuklir sebenarnya sudah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama di sektor kesehatan. 

Terungkap dari data Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), hingga 8 November 2022 sudah ada 9.000 sumber radiasi pengion dimanfaatkan dan tersebar di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Rusia Anggap Ukraina di Balik Serangan Teroris, Potensi Gunakan Nuklir?

BACA JUGA:Rusia Paradekan Kapal Selam Nuklir Berbobot 3 Ribu Ton di Tengah Kota Kronstadt, Ternyata untuk ini

Hal itu terungkap dalam diskusi bertajuk "Mengkomunikasikan Pengawasan Nuklir di Indonesia", diselenggarakan di Kantor Bapeten, Rabu 9 November 2022

Sub Koordinator Humas Bapeten, Retno Agustyah mengatakan salah satu manfaat energi nuklir adalah saat melakukan scan barang-barang belanjaan di mall.

"Banyak sekali manfaatnya. Seperti di mall, saat memeriksa scan tas juga membutuhkan energi tersebut," ungkap Retno. 

Sementara itu, Plh Koordinator Fungsi Pengkajian Instalasi Nuklir Non Reaktor Petit Wiringgalih menjelaskan, banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan dari energi nuklir. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: