Memasuki Pancaroba, Pemkab Bekasi dan BPBD Lakukan Antisipasi Bencana

Memasuki Pancaroba, Pemkab Bekasi dan BPBD Lakukan Antisipasi Bencana

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengecek kesiapan BPBD untuk antisipasi bencana alam-Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID -- Memasuki curah hujan yang sangat tinggi serta cuaca yang semakin tidak menentu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi siagakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengungkapkan, pihaknya sengaja menyiapkan BPBD guna kesiapsiagaan bencana tingkat Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA:Kabar Duka, Ibunda Tercinta Wali Kota Bekasi Nonaktif Rahmat Efendi Meninggal Dunia

BACA JUGA:Ratusan Miras Oplosan Diamankan Polsek Cikarang Utara, Kapolsek: Pemicu Banyaknya Kejahatan

"Ini adalah kesiapsiagaan bencana, dari segi peserta sekarang disiagakan juga Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) kecamatan se-kabupaten Bekasi," ungkap Dani Ramdan, Selasa 1 November 2022.

Dalam persiapannya, Dani Ramdan memeriksa secara langsung kesiapan dari segi personil, logistik, dan juga peralatan milik BPBD.

Pemkab Bekasi juga berkoordinasi guna membentuk sinergitas, mempersiapkan sistem komando guna memantapkan peran kolaborasi pentahelix, stakeholder penanggulangan bencana.

"Kita tidak berharap ada bencana alam, tetapi ketika bencana alam terjadi. Seluruh personil baik aparat, TNI, Polri, ASN, maupun relawan semuanya siap dalam penanggulangannya," jelasnya.

BACA JUGA:36 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Dilantik Bawaslu Kota Bekasi

BACA JUGA:Baru Dibuka Satu Hari, Sentra Vaksinasi di Kota Bekasi Kembali Ditutup Karena Stok Vaksin Habis

Menurutnya penanggulangan bencana dapat dilakukan secara bersama, adanya hal tersebut dapat meningkatkan kualitas proses penanggulangan bencana yang terjadi di wilayahnya.

"Bencana merupakan rangkaian peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat, baik disebabkan faktor alam maupun akibat ulah manusia," ucapnya.

"Atau bencana sosial yang dapat menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan lainya," tambahnya.

Dirinya menegaskan kepada BPBD kabupaten Bekasi, untuk kesungguhan dan kerja keras bersama dalam penanggulangan bencana terutama memasuki cuaca yang sedang tidak menentu saat ini.

Sumber: