Enam Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Kota Tangerang, Arief Perintahkan Lurah dan Camat Lakukan Ini

Enam Kasus Gagal Ginjal Akut Ditemukan di Kota Tangerang, Arief Perintahkan Lurah dan Camat Lakukan Ini

Petugas Dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Saat Melakukan Sidak ke Sejumlah Apotek dan Klinik-Rikhi Ferdian untuk FIN.CO.ID-

TANGERANG, FIN.CO.ID - Ditemukannya kasus gagal ginjal akut di Kota Tangerang, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah memerintahkan lurah dan camat untuk memantau langsung apotek, klinik, maupun rumah sakit di wilayahnya. 

Pemantauan untuk memastikan apotek atau toko obat, klinik maupun rumah sakit tidak menjual atau meresepkan obat sirup yang mengandung zat-zat berbahaya bagi anak. 

BACA JUGA:Kasus gagal Ginjal Akut Anak, Pemilik Apotek Sebut Tak Jual Lagi Obat Sirop yang Paling Laris

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit gagal ginjal akut sebagaimana anjuran dari Kementerian Kesehatan dan BPOM RI.

"Lurah dan camat harus aktif pantau fasilitas kesehatan dan apotek," kata Arief, Rabu 26 Oktober 2022. 

Dia juga menginstruksikan kepada lurah dan camat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan juga fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang terkait daftar obat sirup yang aman dan tidak aman dikonsumsi.

Dia menyebutkan, saat ini ada 156 produk obat yang dipastikan tidak menggunakan propilen glikol. Hal ini pun harus disosialisasikan kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Dua Anak di Bekasi Meninggal Diduga Gagal Ginjal Akut, Begini Gejalanya

"Koordinasikan dengan fasilitas kesehatan seperti apotek, toko obat, klinik, rumah sakit yang ada di wilayah," ujarnya. 

Arief juga mengungkapkan di Indonesia ada 133 kasus gagal ginjal yang meninggal.

Untuk Provinsi Banten ada 12 anak positif gagal ginjal dan di Kota Tangerang sendiri ada 6 kasus dengan 4 anak meninggal dunia, 1 anak sembuh dan 1 pasien masih dirawat.

"Angka kematian ini tidak bisa kita anggap main-main, walau masih dalam penelitian tapi kita harus berupaya mencegah lonjakan kasus ini di Kota Tangerang," tegasnya.

BACA JUGA:Dua Bayi di Kabupaten Bekasi Alami Gagal Ginjal Akut Meninggal Dunia, Berikut Datanya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Dinas kesehatan Kota Tangerang untuk mencegah lonjakan kasus gagal ginjal pada anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rikhi Ferdian

Tentang Penulis

Sumber: