Pengakuan Siap Maju Capres Dinilai Sebagai Kode PDIP Usung Ganjar Pranowo

Pengakuan Siap Maju Capres Dinilai Sebagai Kode PDIP Usung Ganjar Pranowo

Ilustrasi: Presiden Jokowi, Megawati dan Ganjar Pranowo. (Setpres/PDIP/Syaiful Amri/Disway.id)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo blak-blakan siap maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024. 

Pengakuan Ganjar tersebut dinilai oleh PDI-Perjuangan tidak melanggar kedisiplinan organisasi meskipun Ketua Umum Megawati Soekarnoputri belum menentukan sikapnya. 

Menanggapi itu, pengamat Politik Universitas Indonesia Aditya Perdana menilai, pengakuan Ganjar dan sikap DIP-Perjuangan sudah terlihat arahnya. 

"Pernyataan Pak Ganjar itu menurut saya sudah kelihatan arahnya, meskipun itu perlu untuk diperjelas dengan keputusan Bu Mega sebagai ketum partai. Jadi kalau dari arahnya dan juga kodenya mungkin bisa jadi akan seperti itu (diusung)," ujar  Aditya kepada wartawan, Kamis 20 Oktober 2022.

Dia menilai, bahwa PDI-P sedang mempersiapkan Ganjar untuk maju sebagai calon Presiden karena mempertimbangkan sejumlah hasil survei.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Disebut Terlibat Korupsi E-KTP, Novel Baswedan Beri Penjelasan Fakta yang Pernah Ditemukan

BACA JUGA:Ganjar Siap Maju Capres, Golkar: Nanti Kita Bahas

"Jadi ini ingin menunjukkan bahwa publik dipersiapkan bahwa PDIP mempertimbangkan apa yang sedang dilakukan oleh Ganjar, dan juga mempertimbangkan suara publik melalui hasil-hasil survei yang mengatakan bahwa Pak Ganjar selalu nomer satu di banyak survei," kata Aditya.

Di lain sisi, Aditya menilai, Ganjar juga patuh pada keputusan Partai. Sehingga meskipun mengaku bersedia maju dalam Pilpres 2024, namun Ganjar tetap akan patuh pada keputusan Ketua umum. 

"Kedua pernyataan Pak Ganjar itu juga sebenarnya mempertegas bahwa jangan dinafikan bahwa beliau ini menjadi bagian dari parpol, jadi mau tidak mau ya harus tunduk dan patuh dengan keputusan partai. Jadi itu seiring juga dengan pandangan Pak Hasto yang terkait dengan disiplin," ujarnya.

Dia menilai, pengakuan Ganjar untuk maju sebagai calon Presiden 2024 bisa ditandai sebagi kode bahwa PDIP akan mengusungnya. 

"Memang realitanya di PDIP sedang melihat sosok yang akan digiring jadi capres. Jadi statement Pak Ganjar itu apakah itu bisa ditandai sebagai sebuah kode. Dugaan saya mengarah ke situ ya meskipun harus melihat keputusan resmi yang akan diambil Bu Mega," lanjut Aditya.

BACA JUGA:NasDem Sambut Baik Ganjar Maju Capres: Rival Sepadan Anies

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Bicara Realitas Survei: Tidak Boleh Diabaikan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: