Terbakar hingga Ambruk, Kuba Masjid Islamic Centre Jakarta Punya 12 Lampu Kipas dengan Berat 1 Ton

Terbakar hingga Ambruk, Kuba Masjid Islamic Centre Jakarta Punya 12 Lampu Kipas dengan Berat 1 Ton

Masjid Jakarta Islamic Center terbakar pada Rabu, 19 Oktober 2022-@ucikini-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID- Kuba Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) yang terletak Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, terbakar hingga ambruk pada Rabu 19 Oktober 2022. 

Menurut Kepala Subdivisi Pengkajian JIC, Paimun Karim mengatakan, kuba Masjid tersebut memilik 12 buah lampu kipas khas Betawi yang memiliki berat 1 ton. 

Api melahap kuba pada pukul 15.00 WIB. Kemudian dalan waktu 30 menit, kuba tersebut ambruk diduga karena beban lampu 12 kipas tersebut. 

"Cepatnya kubah runtuh juga mungkin disebabkan oleh beratnya beban 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton," ujar Paimun dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 20 Oktober 2022.

Kubah Masjid Raya JIC ambruk ke lantai dua dan puing-puingnya ada juga yang sampai ke lantai satu bangunan Masjid Raya JIC.

Paimun mengatakan perkiraan kebakaran kubah utama Masjid Raya JIC terjadi selepas salat Asar.

BACA JUGA:Kebakaran Kubah Masjid Raya JIC, Pj Gubernur DKI Heru Budi: Penyebab Inti sedang Diteliti

BACA JUGA:Terbakar Hebat, Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center Ambruk

Api pertama kali membakar dari sisi barat kubah Masjid JIC. Namun, karena angin bertiup kencang, api dengan cepat membakar bagian lain dari badan kubah Masjid JIC.

Dugaan penyebab kebakaran berawal dari aktivitas pekerjaan perbaikan kubah.

Per 26 Agustus 2022, Masjid Raya JIC sedang dalam masa renovasi yang dikerjakan oleh PT DASP yang ditunjuk oleh PT MSM berdasarkan surat nomor 017/MSM/VIII/2022 tanggal 19 Agustus 2022.

Paimun menyebutkan sejumlah dokumen dan perangkat komputer dari pengelola Masjid Raya JIC dan lembaga-lembaga agama Islam lainnya juga berhasil diamankan dan dipindahkan ke Perpustakaan di Gedung Sosial Budaya.

Penjabat (Pj.) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono tak menampik bahwa Masjid tersebut ada sedang dalam renovasi. 

Namun, Heru menjelaskan bahwa penyebab kebakaran masih dalam penelitian Polres Metro Jakarta Utara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: