Ancaman Resesi Global, AHY: Rakyat Kecil Paling Terdampak, Butuh Perubahan dan Perbaikan

Ancaman Resesi Global, AHY: Rakyat Kecil Paling Terdampak, Butuh Perubahan dan Perbaikan

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-@pdemokrat-Instagram

JAKARTA, FIN.CO.ID- Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperingatkan bahwa rakyat miskin dan hampir miskin akan terpukul paling berat dari ancaman resesi global. 

Hal Ini disampaikan AHY saat memberikan kata sambutan dalam diskusi meja bundar bertajuk 'Geopolitik dan Keamanan Internasional, Ekonomi Global dan Perubahan Iklim'. Forum ini diselenggarakan bersama oleh The Yudhoyono Institute dan University Kebangsaan Malaysia (UKM) di Jakarta, Kamis 13 Oktober 2022.

"Resesi ekonomi global pasti memukul kehidupan semua bangsa.Selalu rakyat kecil (kategori miskin dan hampir miskin) yang paling menjadi korbannya,"kata AHY dikutip Jumat 14 Oktober 2022.

BACA JUGA:Isu Inflasi dan Resesi Masih Kencang, Kurs Rupiah 19 Juli 2022 Dalam Tekanan

BACA JUGA:APBN Surplus Tujuh Bulan Berturut-turut dan Setoran Pajak Meningkat, Indonesia Aman Dari Resesi?

AHY melanjutkan, dalam dua tahun terakhir ini, dirinya aktif menyambangi desa-desa, kecamatan, kota dan kabupaten di 34 provinsi.

Dia mengatakan, hampir di tiap tempat dirinya berdialog dengan para petani, nelayan, buruh, pelaku UMKM, pekerja honorer, ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa dan pelajar, serta generasi muda lainnya, khususnya yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. 

"Mereka tidak berdaya dan hanya bisa pasrah, menerima kenyataan harga BBM yang melambung tinggi. Harga bahan-bahan pokok naik. Harga listrik dan gas naik. Sedangkan pendapatan mereka masih sama saja, belum bisa pulih dari pandemi. Mereka hanya berharap hadirnya perubahan dan perbaikan bagi kehidupan dan nasib mereka," kata AHY. 

AHY yang juga ketua Umum Partai Demokrat ini mengingatkan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak hanya harus berkeadilan. Tapi juga harus berkelanjutan, ramah lingkungan.

BACA JUGA:Warning, IMF: Resesi Ekonomi Mengancam Dunia

BACA JUGA:Resesi Global Menghantui, Harga Minyak Dunia Turun Lagi ke Kisaran USD 100 Per Barel

Forum diskusi ini menghadirkan pembicara dari kedua negara untuk berbicara tentang geo politik, geo ekonomi maupun lingkungan hidup global.

Hadir antara lain Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, mantan Wakil Menteri Luar Negeri dan Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal.

Hadir juga anggota Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya dan Rizky Natakusumah serta anggota Komisi III DPR RI Dr. Benny K. Harman. Istri AHY, Annisa Pohan Yudhoyono tampak tekun menyimak diskusi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: