Performa Steam Deck Lebih Baik setelah Update Firmware Baru

Performa Steam Deck Lebih Baik setelah Update Firmware Baru

Steam Deck, Image Credit: Valve--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Valve resmi luncurkan update Steam Deck yang sebelumnya hanya terbatas untuk firmware beta.

Lewat update firmware baru Steam Deck ini, pengguna konsol portable Valve itu bakal merasakan peningkatan performa gaming selain performa yang lebih stabil.

Lewat pembaruan software ini, memungkinkan pengguna Steam Deck untuk melakukan scale pada display perangkat gaming mereka itu.

BACA JUGA:Greget, Saingan Baru Steam Deck Ini Pakai Kartu Grafis Dedicated

Ya, dengan update ini, Steam Deck akan tampil lebih tajam ketika digunakan pada TV 4K dengan lewat dock-nya.

Tidak hanya lewat dock originalnya, mereka yang menggunakan dock third party juga akan bisa merasakan peningkatan kualias grafis Steam Deck ini.

Untuk Anda yang masih baru dengan perangkat ini, Anda bisa mengakses Settings > System > Update untuk update firmware Steam Deck Anda.

Seperti diketahui, Steam Deck memiliki resolusi standar 1280x800 , yang cukup untuk ukuruan konsol gaming portable.

Namun ketika gaming menggunkan dock, resolusi tinggi memang terbilang penting terlebih jika digunakan pada monitor atau TV dengan resolusi yang juga tinggi.

Steam Pakai Kartu Grafis Eksternal

Pengguna Steam Deck dapat meningkatkan perform grafis perangkat gaming mereka, demikian seperti dilaporkan TechRadar.

Caranya adalah dengan menggunakan booster dari GPU eksternal. Fitur ini disebut mampu memberikan peningkatan grafis secara signifikan.

Seperti yang didemonstrasikan ETA Prime di YouTube, menggunakan kartu grafis terbaru keluaran AMD.

Dengan menggunakan ASRock RX 6900 XT OC, seorang YouTuber mampu memainkan game beresolusi 4K di Steam Deck dengan frame rate yang tinggi.

Untuk menggunakan fitur ini, ia mengkoneksikan GPU eksternal itu menggunakan slot M.2 yang dimiliki Steam Deck.

Dengan fitur ini, memainkan game-game populer seperti The Witcher 3, dan GTA V dengan reso 4K bisa dicapai, hanya saja dengan FPS bervariasi, mulai 60 hingga 100FPS.

Sementara game-game berat seperit Cyberpunk 2077, Elden Ring dan God of War hanya berkisar di angka 40 hingga 60FPS.

Windows 11 untuk Steam Deck

Windows 11 dilaporkan sudah tersedia untuk Steam Deck, demikian seperti dilaporkan TechRadar.

Menurut kabar terkini, Windows 11 milik Microsoft sudah tersedia untuk Steam Deck, untuk konsol portable keluaran Valve itu.

Sementara menurut Tom's Hardware, update ini masih terbatas pada akses beta pada perangkat Steam Deck mereka, yang bisa diakses lewat beta channel.

Lewat pembaruan ini, pengguna akan dapat mengaktifkan fTPM, yang dibutuhkan untuk meng-install Windows 11.

TPM sendiri adalah salah satu requirement yang dibutuhkan perangkat, untuk dapat meng-install OS terbaru milik Microsoft itu.

Dengan meng-install beta update ini, pengguna tidak hanya bisa memasang Win 11 di perangkat mereka, namun juga mendapati Steam Deck jadi lebih hemat dalam penggunaan baterai.

Menurut laporannya, setelah update ini, Steam Deck mampu berjalan lebih efisien, ketika dalam kondisi idle atau tidak digunakan.

Steam Deck 2

Dalam sebuah wawancara dengan GamesRadar, co-fonder valve, Gabe Newell mengatakan bahwa ide dari Steam Deck 2 sendiri, adalah untuk menghadirkan perangkat yang jauh lebih powerful.

"Langkah pertama adalah (bahwa Steam Deck 2 nantinya) mampu memainkan game terbaik yang ada saat ini," kata Gabe Newell.

Gak cuma itu, menurut Newell, Steam Deck 2 ini nantinya, diharapkan mampu member kapabilitas baru, dan menawarkan sesuatu yang tidak bisa diberikan desktop PC.
 

Sumber: