Cegah Banjir, DKI Keruk Lumpur Sungai di Lima Wilayah

Cegah Banjir, DKI Keruk Lumpur Sungai di Lima Wilayah

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengeruk lumpur dan sampah di sejumlah kali atau sungai dan waduk serentak di lima wilayah di Ibu Kota--(Tangkapan Layar Instagram dinas_sda)

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Sebagai upaya untuk mencegah banjir, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengeruk sedimen lumpur dan sampah di sejumlah kali atau sungai dan waduk serentak di lima wilayah di Ibu Kota.

Kepala Dinas SDA DKI Yusmada Faizal mengatakan, kegiatan tersebut untuk mencegah terjadinya genangan air saat hujan.

BACA JUGA:Innovation Days Bisa Jadi Ajang Tukar Ide Pembangunan Kota, Anies: Mudah-Mudahan Bermanfaat di Jakarta

BACA JUGA:Kali Sekretaris Jakarta Barat Digerebek, Antisipasi Banjir di Wilayah Jakarta Barat

"Kegiatan ini bisa mencegah terjadinya genangan saat musim hujan," katanya di Jakarta Selasa, 27 September 2022.

Yusmada juga mengimbau warga untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya, serta menjaga kebersihan terutama pada sungai, waduk, dan saluran air.

Dalam pelaksanaan gerebek lumpur, Dinas SDA DKI  berkolaborasi dengan wali kota, lintas dinas, kelurahan, dan kecamatan di tiap wilayah dengan mengerahkan lebih banyak alat berat untuk percepatan pengerukan sedimen lumpur dan sampah.

Sebelumnya Dinas SDA DKI Jakarta juga melaksanakan gerebek lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara pada Minggu, 25 September 2022.

BACA JUGA:Gegara Tabloid Ini, Anies Baswedan Dilaporkan ke Bawaslu

Pengerukan dilakukan pada segmen sisi barat, tengah dan tenggara Waduk Pluit.

Gerebek lumpur di wilayah tersebut telah dilakukan sejak Desember 2021 dengan jangka waktu pelaksanaan selama 18 bulan dan masih berlangsung sampai saat ini.

Dinas SDA Jakarta mengerahkan sebanyak 250 personel untuk mengeruk sedimen lumpur dan sampah di Waduk Pluit termasuk operator alat berat, dan truk.

Selain di Waduk Pluit, pengerukan juga dilakukan bertahap di sejumlah kali atau sungai di antaranya Kali Cideng, Jakarta Pusat dan Kali Sekretaris di Jakarta Barat.

BACA JUGA:Pasukan Basmalah dan Asmaul Husna Polda Metro Jaya Turun Lapangan Lagi, Kali Ini di DPR

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: