PDIP: Dewan Kolonel Guyonan Politik

PDIP: Dewan Kolonel Guyonan Politik

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)-Ilustrasi-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Isu Dewan Kolonel yang dibentuk oleh anggota DPR RI Fraksi PDIP untuk mendukung Ketua DPR Puan Maharani maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 membuat PDIP gerah.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dengan tegas membantahnya. Menurutnya, hal tersebut tidak sesuai dengan AD/ART partai. Isu dewan kolonel hanya guyonan politik.

(BACA JUGA:Megawati Kaget Ada Dewan Kolonel di PDIP untuk Puan Maharani Capres 2024)

"Saya tegaskan tidak ada yang namanya Dewan Kolonel. Ini tidak sesuai dengan AD/ART partai. Mana ada di dalam partai, struktur seperti militer. Di partai yang ada hanya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai, Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Dewan Pimpinan Cabang (DPC), hingga anak ranting. Sehingga tidak dikenal adanya Dewan Kolonel,” ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya pada Rabu, 21 September 2022.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul.

Versi Hasto, keduanya menyebut isu Dewan Kolonel hanyalah guyonan dalam politik.

"Kemudian saya juga memberi tahu Pak Utut selaku ketua fraksi bahwa Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu tugas utamanya adalah kepanjangan dari partai di dalam memperjuangkan seluruh ideologi dan platform partai, baik fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan," terangnya.

(BACA JUGA:Panas! PDI-P Bentuk Dewan Kolonel untuk Puan Maharani Capres, Relawan Ganjar Bentuk Dewan Kopral)

Hasto juga membantah Puan Maharani sudah menyetujui Dewan Kolonel. Yang disetujui oleh Puan, lanjut Hasto, adalah kemerdekaan dalam berserikat.

“Kan saya sudah memberikan bantahan secara resmi bahwa Dewan Kolonel tidak ada. Karena kami adalah partai sebagai suatu institusi yang memperjuangkan kehendak rakyat, yang dimaksudkan Mbak Puan adalah kebebasan di dalam berserikat, berkumpul," paparnya.

Hasto menyebut Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga kaget atas mencuatnya isu pembentukan Dewan Kolonel di Fraksi PDIP tersebut.

“Ibu Mega juga kaget. Kemudian saya diminta memberi penjelasan bahwa tidak ada Dewan Kolonel,” paparnya.

(BACA JUGA:Rocky Gerung Ungkap Pernyataan Mengejutkan Tahu PDI Perjuangan Bentuk Dewan Kolonel Untuk Puan)

Hasto menyampaikan pesan Megawati agar seluruh kader PDIP berdisiplin.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: