Fasilitasi Kaum Difabel Peremakan e-KTP, Langkah Ini yang Dilakukan Disdukcapil Kabupaten Tangerang

Fasilitasi Kaum Difabel Peremakan e-KTP, Langkah Ini yang Dilakukan Disdukcapil Kabupaten Tangerang

Petugas Disdukcapil Kabupaten Tangerang Saat Melakukan Perekaman e-KTP Kepada Penyandang Disabilitas-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten memfasilitasi perekaman e-KTP bagi penyandang disabilitas.

Fasilitas yang diberikan Disdukcapil Pemkab Tangerang adalah dengan melakukan langkah jemput bola perekaman e-KTP.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Tangerang Hedi Mochamad Hertadi mengatakan, e-KTP merupakan dokumen yang cukup penting yang harus dimiliki setiap warga, termasuk masyarakat yang berkebutuhan khusus. 

(BACA JUGA:Info Penting Untuk Warga Kabupaten Tangerang: Blanko e-KTP Sudah Tersedia Lagi)

(BACA JUGA:Hampir Sepekan, Pemkab Tangerang Kehabisan Blanko e-KTP, Ini Dampak yang Ditimbulkan)

(BACA JUGA:Cerita Petugas Dukcapil Kabupaten Tangerang saat Membuatkan e-KTP ODGJ )

Oleh sebab itu, jemput bola perekaman e-KTP tersebut sebagai penyeimbang bahwa setiap warga negara Indonesia berhak memiliki indentitas tak terkecuali para penyandang disabilitas. 

"Sebenarnya jemput bola perekaman e-KTP ini sudah lama dilakukan. Petugas Capil datang ke rumah-rumah disabilitas maupun di kantor kecamatan," kata Hedi kepada FIN di Tangerang, Senin, 19 September 2022. 

Dia menerangkan, khusus perekaman e-KTP yang digelar di Kecamatan Panongan tersebut ada 45 penyandang disabilitas yang melakukan perekaman data kependudukan. 

(BACA JUGA:WNA Boleh Punya E-KTP, Dirjen Dukcapil Kasih Penjelasan)

(BACA JUGA:Khilafatul Muslim Ubah e-KTP dan Buatkan Nomor Induk Khusus Warga)

Sistem jemput bola tersebut, kata dia, tidak lain untuk memudahkan masyarakat berkebutuhan khusus untuk mendapatkan kartu identitas.

Karena tidak mungkin para kaum difabel datang ke kantor Disdukcapil. 

"Kalau yang sekarang ini ada 45 penyandang disabilitas tapi sebenarnya sudah banyak kaum difabel di Kabupaten Tangerang yang sudah melakukan perekaman ataupun memiliki e-KTP," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: