DKI Antisipasi Bencana Kebakaran dan Gempa, Bangunan Lantai 1-3 Blok G Berusia 48 Tahun

DKI Antisipasi Bencana Kebakaran dan Gempa, Bangunan Lantai 1-3 Blok G Berusia 48 Tahun

Hotel Treva Internasional dipasangi stiker tidak memenuhi keselamatan kebakaran. (ist)--

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana kebakaran dan alam wajib dilaksanakan satu kali dalam setahun.

Berdasarkan informasi, pada 5 tahun terakhir DKI Jakarta telah mengalami guncangan gempa sebanyak 5 kali. 

Sehingga, simulasi ini sangat tepat dilakukan untuk menjaga kesiapsiagaan penghuni gedung.

Kepala Biro dan Administrasi Sekretariat Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta (Biro UAS) Sugih Ilman menjelaskan, kegiatan simulasi tersebut merupakan amanat dari Peraturan Gubernur No.143 Tahun 2016 tentang Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung dan Manajemen Keselamatan Kebakaran Lingkungan dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 48/2021 tentang Peningkatan Sistem Keselamatan Gedung Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

(BACA JUGA:Gempa dengan Kekuatan Magnitudo 6,0 Guncang Mamberamo Papua)

"Kami selaku penanggung jawab pengelolaan gedung-gedung di kompleks Balai Kota wajib melaksanakan simulasi 1 kali dalam 1 tahun; dan kegiatan serupa dilaksanakan terakhir kali pada tahun 2018 sebelum Pandemi Covid-19. Sehingga momen pelaksanaan kegiatan ini sangat tepat untuk melakukan penyegaran dalam upaya kita agar selalu siaga untuk penanggulangan bencana," kata dia.

Kegiatan simulasi itu melibatkan unsur-unsur penanggulangan bencana di Provinsi DKI Jakarta yang sangat berperan besar dan dalam pelaksanaannya juga berupaya mengumpulkan data-data perlengkapan kedaruratan di setiap gedung serta kesigapan para petugas kami di lapangan.

"Sebagai informasi di gedung blok G ini, lantai 1-3 usianya sudah 48 tahun, lantai 4-14 usianya sudah 47 tahun dan lantai 15-23 usianya sudah 46 tahun. Berdasarkan catatan kami, bencana gempa sudah 5 kali mengguncang Jakarta dalam 5 tahun terakhir. Sehingga kegiatan ini sangat penting untuk dillaksanakan dalam rangka antisipasi," jelas Sugih. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Darul Fatah

Tentang Penulis

Sumber: