Bripka Ricky Rizal Mulanya Takut Ferdy Sambo, Kini Balik Arah 'Melawan'

Bripka Ricky Rizal Mulanya Takut Ferdy Sambo, Kini Balik Arah 'Melawan'

Bripka Ricky Rizal saat menjalani rekonstruksi kasus Brigadir J. (tangkapan layar TV Polri)--

JAKARTA, FIN.CO.ID- Tersangka kasus kematian Brigadir Yoshua atau Brigadir J, Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR kini balik arah 'melawan' sekenario Irjen Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J. 

Mulanya, Bripka Ricky Rizal hanya mengikuti skenario yang dibuat oleh Ferdy Sambo. Selain takut terhadap mantan atasannya itu, Ricky Rizal juga tidak memiliki kuasa hukum di saat awal-awal kasus berjalan dan dimulainya pemeriksaan terhadap dirinya. 

Bripka Ricky Rizal juga sempat ingin ajukan justice collaborator atau JC seperti yang telah dilakukan sejak awal oleh Bharada Richard Eliezer atau Bharada E. 

Namun niat itu diurungkan sebab dirinya masih takut dengan sosok atasannya Ferdy Sambo. Hal ini disampaikan oleh pengacara Bripka Ricky Rizal, Erman Umar di Mabes Polri. 

(BACA JUGA:Ferdy Sambo Kasih Uang ke Bripka Ricky Rizal Usai Brigadir J Tewas: Karena Kalian Sudah Menjaga Ibu)

(BACA JUGA:Ajudan Istri Sambo Brigadir Ricky Rizal Terancam Hukuman Mati)

"Oh karena ini dia merasa enggak punya akses, dia enggak bisa (komunikasi dengan) keluarganya. Bukan (ancaman Ferdy Sambo), dia takut," terang Erman di Mabes Polri, Kamis 8 September 2022.

Erman mengaku baru menjadi pengacara Bripka Ricky pada Selasa 23 Agustus 2022. Padahal Bripka Ricky sudah ditetapkan tersangka kasus pembunuhan Brigadir J pada Senin 8 Agustus 2022.

"Karena saat awal-awal itu enggak ada persiapan. Surat penahanan belum, lawyer-nya siapa enggak jelas. Ada yang memberi tahu lawyer tapi enggak bisa komunikasi, kalau ditanya enggak jelas," sambungnya.

Erman mengatakan, Ricky Rizal mulai balik melawan skenario Ferdy Sambo setelah Ricky Rizal berbicara dengan keluargnya.

Terutama istrinya yang terus membujuknya untuk mengatakan sejujurnya terkait kejadian pembunuhan Brigadir J.

"Sebelumnya, setelah istri dan adiknya menyampaikan terbuka bicara benar. Kalau kamu tidak bicara benar nama baik bapak kamu yang juga polisi (terkena imbas)," ujar Erman Umar. 

Erman mengatakan, kliennya menangis ketika mengingat anaknya. Usai berbicara dengan Istrinya, Bripka RR kemudian mau terbuka.

(BACA JUGA:Ajudan Istri Sambo Brigadir Ricky Rizal Terancam Hukuman Mati)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: