66 Penimbun BBM Subsidi Ditangkap, Pelakunya Ada yang ASN

66 Penimbun BBM Subsidi Ditangkap, Pelakunya Ada yang ASN

Aksi penyelundupan BBM jenis solar di Aceh. (ist)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -  Sebanyak 66 penimbun bahan bakar minya (BBM) bersubsidi diamankan aparat kepolisian. Bahkan pelakunya ada yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan kasus pengungkapan penimbunan BBM subsidi tersebut dilakukan apara Polda Jawa Tengah.

Sebanyak 50 kasus berhasil diungkap dengan total tersangka berjumlah 66 orang. 

(BACA JUGA:Ungkap Penimbunan Dua Setengah Ton Pertalite, Kompol Zamrul: Tak Ada Tempat Bagi Penimbun BBM dan LPG Subsidi)

(BACA JUGA:Polisi Ungkap Penimbunan BBM Bersubsidi di Tangerang, Empat Tersangka Diamankan Berikut Barang Bukti)

(BACA JUGA:Banyak Oknum Penimbun Bahan Pokok, Wapres: Harus Diambil Tindakan Tegas!)

Dari pengungkapan ini setidaknya Rp11 miliar lebih potensi kerugian negara dapat diselamatkan.

"Adapun barang bukti yang diamankan yakni solar bersubsidi sebanyak 81,9 ton, pertalite sebanyak 3,2 ton, mobil 38 unit, motor 6 unit, alat komunikasi 9 unit dan tandon kapasitas 1.000 liter sebanyak 40 buah," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin, 5 September 2022.

Adapun beberapa kasus yang menonjol yakni berada di Kudus. Polres setempat mengungkap adanya sebuah perusahaan membeli bio solar subsidi di sejumlah SPBU menggunakan beberapa mobil. Lalu solar dikumpulkan dan ditimbun untuk kemudian dijual ke industri.

(BACA JUGA:Tegas! Said Didu Minta Jokowi Jujur Terhadap Kenaikan Harga BBM)

(BACA JUGA:Patut Ditiru, Jurus Pemkot Tangerang Atasi Dampak Kenaikan BBM di Masyarakat)

Dalam kasus ini, dua tersangka diamankan salah satunya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Selain itu, 12 ton solar bersubsidi juga diamankan menjadi barang bukti.

Kasus lainnya yang menarik perhatian adalah penyelewengan yang dilakukan oleh oknum ASN di Pekalongan. Oknum tersebut bolak balik mengisi penuh tangki mobilnya solar. Polisi yang mengawasi lalu mengikuti oknum tersebut dan mendapati ternyata oknum tersebut memindahkan solar ke jerigen untuk dijual lebih mahal memanfaatkan kenaikan harga.

(BACA JUGA:Tawarkan Harga Lebih Murah, Stok BBM Revvo 89 Milik Vivo Malah Kosong)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: