Komisi VI DPR RI Harap Pemerintah Kaji Ulang Wacana Kenaikan BBM Bersubsidi

Komisi VI DPR RI Harap Pemerintah Kaji Ulang Wacana Kenaikan BBM Bersubsidi

Petugas Pertamina tengah melayani pembeli jenis BBM Premium-dok.fin-dok.fin

JAKARTA, FIN.CO.ID- Pemerintah saat ini sedang pembahas wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebagai respon atas tingginya harga minyak mentah dunia. 

Menanggapi itu, anggota Komisi VI DPR RI, Muslim meminta pemerintah agar mengkaji ulang jika harus menaikan harga BBM bersubsisi. 

"Berkaitan dengan subsidi, ditambah lagi situasi ekonomi Indonesia semakin berat, saya berharap pemerintah dapat mengkaji ulang, jangan langsung kenaikan harga BBM bersubsidi terus berkali-kali lipat, apalagi sampai Rp2000-Rp3000. Ini kan enggak sekali dua kali (kenaikan harga BBM bersubsidi) ya," ujar Muslim di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, pemerintah harus mengevaluasi kembali siapa saja yang benar-benar berhak mendapatkan BBM bersubsidi. 

(BACA JUGA:Siap-Siap, Pemerintah Sedang Bahas Wacana Kenaikan Harga BBM Pertalite)

(BACA JUGA:Inflasi Hantui Indonesia, Perlu Hati-hati Kendalikan Harga dan Ketersediaan BBM)

Sehingga alokasi kuota BBM bersubsidi tepat sasaran dan rakyat yang mengharapkan subsidi seperti petani dan nelayan tetap bisa mendapatkannya.

 “Pemerintah harus juga melihat rakyat lagi menjerit semua, lagi sulit, apalagi semenjak pandemi 2021, saya yakin pemerintah khususnya Pertamina harus mengevaluasi mana-mana subsidi yang betul-betul buat rakyat, dan mana yang tidak perlu disubsidi," katanya.

Muslim berharap pemerintah tidak menaikkan harga BBM bersubsidi karena dikhawatirkan dapat mengganggu kondisi ekonomi rakyat yang sedang berat. 

"BBM bersubsidi seperti Pertalite yang menyentuh rakyat bawah itu jangan dinaikkan. kalau dinaikkan mungkin ya pada kalangan menengah ke atas. Sehingga subsidi itu betul-betul rakyat jangan terganggu dengan situasi kondisi ekonomi yang sedang berat hari ini," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, wacana kenaikan harga BBM saat ini sedang dibahas oleh pemerintah.

"(Harga Pertalite) lagi dibahas masih dikoordinasikan dengan Pak Airlangga (Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian)," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

(BACA JUGA:Bahlil Lahadalia Beri Sinyal Harga BBM akan Naik: Sampaikan ke Rakyat Siap-Siap! )

(BACA JUGA:PKS Punya Usul, Setop Proyek IKN dan Kereta Cepat Buat Subsidi BBM)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: