IPW Buka-Bukaan Soal Geng Mafia, Satgassus dan 25 Polisi di Kasus Brigadir J

IPW Buka-Bukaan Soal Geng Mafia, Satgassus dan 25 Polisi di Kasus Brigadir J

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso -ist-net

JAKARTA, FIN.CO.ID - Indonesia Police Watch (IPW) buka-bukaan soal Geng Mafia, Satgassus dan 25 Polisi di Kasus Brigadir J.

IPW menilai pernyataan geng mafia di tubuh Polri telah menjadi liar dan ditarik kemana-mana sehingga tidak sesuai makna.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso dalam keterangannya mengatakan yang dimaksud IPW sebagai geng mafia tak dapat dilepas dalam kasus kematian Brigadir J yang saat ini disidik Timsus dan Irsus.

(BACA JUGA:Lakukan Pelanggaran Berat, IPW: Irjen Ferdy Sambo Bisa Dipecat dan Dipidana 5 Tahun Penjara )

(BACA JUGA:Soal Kasus Brigadir J Diambil Alih Bareskrim Polri, IPW: Jangan Ditutup-tutupi)

Dikatakannya, yang dimaksud itu adalah adanya keterlibatan 25 anggota Polri yang melakukan dugaan obstruction of justice. 

Dia juga menegaskan, bahwa IPW tak pernah menyebut Satgassus sebagai geng mafia kejahatan. 

Dijelaskan Sugeng, saat itu IPW menyatakan bahwa Satgassus adalah polisi elit dalam Polri, yang membuat tumpang tindih kewenangan penyelidikan dan penyidikan. 

(BACA JUGA:Mengejutkan! Irjen Ferdy Sambo Terancam Dipecat dan Dihukum Karena Melanggar Kode Etik, Ini Kata IPW)

(BACA JUGA:Rusuh Mako Brimob, IPW: Mana Janji Kapolri Copot Pejabat?)

"Namun kemudian dipersepsikan dan dipelintir seolah-olah Satgassus sebagai geng mafia dan menjadi liar dan perlu diluruskan," ujar Sugeng dalam keterangannya, Selasa,  9 Agustus 2022.

Dilanjutkannya  dalam berbagai keterangan dan talkshow, IPW menyatakan bahwa kemungkinan 25 orang yang terlibat dalam obstruction of justice itu adalah tergabung dalam Satgassus yang diketuai oleh Irjen Ferdy Sambo. 

IPW juga meminta keberadaan Satgassus dievaluasi ke depannya terkait kewenangan yang tumpang tindih, dan potensi penyalahgunaan kewenangan yang diberikan oleh Kapolri pada Satgassus.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Irjen Ferdi Sambo telah dinonaktifkan dari jabatan kasatgassus yang merupakan jabatan nonstruktural tersebut. Dia mengatakan jabatan Kasatgassus otomatis nonaktif saat jabatan strukturalnya dinonaktifkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: