Irjen Ferdy Sambo dan Istri Akan Diperiksa Secara Terpisah, Komnas HAM: Melihat Konsistensi Pengakuan

Irjen Ferdy Sambo dan Istri Akan Diperiksa Secara Terpisah, Komnas HAM: Melihat Konsistensi Pengakuan

Irjen Pol Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi-@divpropampolri-Twitter

JAKARTA, FIN.CO.ID- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan melakukan pemeriksaan terhadap Irjen Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi.

Irjen Ferdy Sambo dan Istrinya merupakan sosok yang terlibat dalam kasus baku tembak Brigadir J yang tewas tertembak oleh Bharada E.

Mengenai kasus tersebut, Irjen Ferdy Sambo tengah di tahan Mako Brimob karena telah melanggar kode etik yang diduga telah menghilangkan rekaman cctv paska kejadian baku tembak. Sementara itu Putri Candrawathi dikabarkan masih tengah alami trauma berat

Komnas HAM akan melakukan pemeriksaan terpisah terhadap Ferdy Sambo dan istrinnya guna penyelidikan kasus kematian Brigadir J.

(BACA JUGA:Terungkap! Pengacara Bharada E Sebut Senjata Brigadir J Dipakai Pelaku Lain Untuk..)

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Komnas HAM RI Mohammad Choirul Anam.

"Karena itu penting bagi kami dalam melihat konsistensi pengakuan, konsistensi keterangan, dan konsistensi dari alat bukti," ucap Choril Anam di Jakarta pada Senin (8/8/2022).

Terkait jadwal atau waktu pemeriksaan keduanya, Anam mengatakan hal tersebut belum dapat dipastikan. Akan tetapi, ketika permintaan keterangan dilakukan dipastikan di ruangan berbeda.

Anam mengatakan rencana permintaan keterangan Irjen Ferdy Sambo beserta istrinya yang dilakukan terpisah. Hal ini juga diterapkan saat permintaan keterangan para ajudan atau aide de camp (ADC).

(BACA JUGA:Pengacara Bharada E Bongkar Pemilik Senpi Glock 17 saat Baku Tembak )

"ADC walaupun waktu pemeriksaannya sama, tapi pemeriksaan satu ajudan dengan yang lain itu berada di ruangan yang berbeda," kata dia.

Hingga saat ini Komnas HAM diketahui belum meminta keterangan langsung kepada Irjen Ferdy Sambo maupun istrinya. Khusus Putri Candrawathi, hal itu karena dilatarbelakangi kondisi psikologis.

Lanjutnya,  Komnas HAM sedang berupaya membangun komunikasi dengan istri Ferdy Sambo. Apalagi, permintaan keterangan Putri Candrawathi sudah diagendakan Komnas HAM sejak awal.

"Keterangan dari Putri Candrawathi pasti sangat dibutuhkan. Semua hal yang terkait keterangan pasti kami butuhkan," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: