Sebut Peran Besar Erick Thohir dalam Penyelamatan Garuda, Rizal Ramli: Semoga Gak Ada Lagi Mark Up!

Sebut Peran Besar Erick Thohir dalam Penyelamatan Garuda, Rizal Ramli: Semoga Gak Ada Lagi Mark Up!

Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Rizal Ramli meninggal dunia -Twitter/@RizalRamli-

 

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Keberhasilan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam menyelamatkan PT Garuda Indonesia (Persero) mendapat apresiasi dari banyak pihak. Erick dinilai mampu meyakinkan para kreditur dan juga masyarakat bahwa Garuda kini bergerak ke arah yang lebih baik.

Hal ini pun tak luput dari perhatian  Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Dalam cuitannya di akun Twitter,  @RamliRizal beberapa waktu lalu, Rizal mengatakan peran Erick Thohir tak bisa dikesampingkan dalam kesepakatan perdamaian (homologasi) antara Garuda dan kreditur dalam pemungutan suara atau voting dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

(BACA JUGA:Pagi Ini Menguat, Tapi Pergerakan Kurs Rupiah Hari Ini Berpotensi Melemah Lagi Karena Alasan Ini)

"Erick Thohir dan management Garuda, selamat atas keberhasilan negosiasi utang Garuda. Major achievement. Ikut bahagia," ujar Rizal Ramli dalam cuitannya, dilihat FIN.CO.ID, Rabu 13 Juli 2022. .

Rizal Ramli menyebut, apa yang dilakukan Erick Thohir serupa dengan yang ia lakukan saat menjabat sebagai Menko Perekonomian beberapa tahun lalu, dengan melakukan negosiasi dan restrukturisasi kredit Garuda. 

Kala itu, ucap Rizal Ramli, maskapai pelat merah tersebut juga hampir mengalami kebangkrutan. 

Rizal Ramli mengatakan, konsorsium bank-bank Eropa bahkan mengancam akan menyita pesawat-pesawat Garuda lantaran tidak mampu memenuhi kewajiban membayar cicilan utang.

(BACA JUGA:Turun Lagi Rp2.000, Harga Emas Antam Hari Ini Per Gram Jadi Segini)

Rizal Ramli berharap, tren penyelamatan dan penyehatan Garuda yang dilakukan Erick Thohir terus berjalan secara konsisten. 

Rizal Ramli juga mendorong Erick Thohir tak berhenti melakukan pembenahan secara menyeluruh, termasuk dengan memperbaiki model bisnis yang selama ini menjadi sumber kerugian Garuda.

"Semoga tidak terulang pembelian-pembelian atau leasing pesawat dengan mark up. Tingkatkan efisiensi operasional dan route management," kata Rizal Ramli.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, proses ini menjadi penentu kesepakatan perdamaian (homologasi) antara Garuda dengan kreditur.

(BACA JUGA:Harga Minyak Dunia Terkoreksi Turun, Brent dan WTI Kini di Bawah USD 100 Per Barel)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: