Catat! Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban ke Yogyakarta, Beratnya 850 Kg dan 1,07 Ton

Catat! Jokowi Sumbang Dua Sapi Kurban ke Yogyakarta, Beratnya 850 Kg dan 1,07 Ton

Jokowi memberikan dua sapi kurban ke DI Yogyakarta. --

JAKARTA, FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo menyumbangkan dua ekor hewan kurban berupa sapi Jawa dengan berat 850 kg dan sapi berangus berwarna hitam seberat 1,07 ton untuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dua sapi itu didistribusikan Pemda DIY ke dua lokasi yakni Istana Kepresidenan Yogyakarta dan Masjid Al-Fatah, Randusari, Argomulyo, Cangkringan, Kabupaten Sleman pada Jumat, 8 Juli 2022.

(BACA JUGA:Begini Klarifikasi Pemkab Tangerang Soal Tidak Diberikannya Dokumen Pembangunan RSUD Tigaraksa ke Ksatria Muda)

"Setiap tahunnya, presiden selalu memberikan satu, kebetulan tahun ini dua, sementara provinsi lain tetap satu," ujar Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan, dan Politik Maladi.

Sapi kurban pemberian Jokowi, kata dia, sudah dipastikan kesehatannya setelah melalui pengecekan oleh dinas terkait.

"Ini dipilih karena sehat," ujar dia.

Terkait penunjukan masjid yang akan menerima sapi dari presiden, kata dia, Pemda DIY bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota yang ditunjuk secara bergiliran.

(BACA JUGA:Daftar Lokasi Titik Salat Iduladha Muhammadiyah, Tangerang dan Kalimantan)

Sapi kurban dari Jokowi yang diberikan untuk Istana Kepresidenan merupakan jenis sapi Jawa berwarna putih seberat 850 kg.

Sementara, sapi yang diberikan ke Masjid Al-Fatah, Cangkringan, Sleman merupakan jenis sapi berangus berwarna hitam seberat 1,07 ton atau 1.070 kg.

Menurut dia, sapi itu merupakan jenis khusus karena termasuk kategori sapi impor Australia seharga sekitar Rp120 juta.

Selain mendistribusikan sapi dari Presiden Jokowi, Pemda DIY juga menyalurkan sebanyak tujuh ekor sapi pemberian Gubernur dan Wagub DIY untuk sejumlah lokasi di empat kabupaten/kota.

Seluruh sapi pemberian Gubernur dan Wakil Gubernur DIY itu akan disembelih pada Minggu (10/7).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: