Harga Daging Sapi Tembus Rp200 Ribu Per Kilogram

Harga Daging Sapi Tembus Rp200 Ribu Per Kilogram

Ilustrasi - Daging sapi.-Issak Ramdhani-fin.co.id

BANDA ACEH, FIN.CO.ID -- Harga daging sapi di sejumlah daerah di Provinsi Aceh berkisar dari Rp160 ribu per kilogram hingga mencapai Rp200 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang daging di kota Calang, Hendri mengatakan, kenaikan harga ini menyusul tingginya harga tebus sapi dan kerbau di tingkat peternak.

(BACA JUGA:Harga Daging Sapi Naik, Satgas Pangan Selidiki Penyebabnya)

(BACA JUGA:Makin Pedas, Harga Cabai Hampir Menyamai Harga Daging Sapi)

"Kenaikan harga ini menyusul tingginya harga tebus sapi dan kerbau di tingkat peternak yang juga berdampak terhadap naiknya harga jual di tingkat pedagang," kata Hendri, Jumat, 8 Juli 2022.

Ia menyebutkan untuk harga daging yang dijual pada hari Meugang di Kota Calang berkisar Rp180 ribu per kilogram hingga Rp200 ribu per kilogram untuk daging kualitas terbaik.

Pihaknya telah mengurus surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) sebelum melakukan pemotongan hewan ternak dalam memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat di daerah setempat.

"Pengurusan surat ini merupakan salah satu upaya memastikan bahwa ternak yang disembelih ini sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat," katanya.

(BACA JUGA:Jelang Idul Adha, ID FOOD Pastikan Stok Daging Sapi Sehat Aman )

Hal senada juga disampaikan pedagang lainnya. Adwan pedagang daging di Lambaro Aceh Besar mengatakan harga daging di jual Rp160 ribu sampai Rp170 ribu per kilogram atau naik dari hari biasa Rp150 ribu per kilogram.

Ia menjelaskan menjelang meugang harga daging sapi selalu naik karena harga sapi yang dibeli dari peternak naik, sehingga berdampak terhadap harga jual di pasaran.

Ia menambahkan untuk saat ini daya beli masyarakat masih sepi dan tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan Lebaran Idul Fitri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: antara