Ogah Ikut Pempus, Pemkot Ternate Gelar Idul Adha Tanggal 9 Juli, Pemprov Malut Bereaksi!

Ogah Ikut Pempus, Pemkot Ternate Gelar Idul Adha Tanggal 9 Juli, Pemprov Malut Bereaksi!

Masjid Syekh Zayed, salah satu masjid terbesar di UEA -ist-net

TERNATE, FIN.CO,ID- Berbeda dengan Pemerintah Pusat yang menetapkan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate- Maluku Utara- justru menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

Penetapan hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah oleh Pemkot Ternate ini diputuskan dalam rapat di Kantor Kementerian Agama, MUI, PHBI, BTM Almunawwar dan tokoh agama di Kota Ternate, pada Senin 4 Juli 2022. 

Ketua MUI Kota Ternate H. Usman Muhammad mengatakan, dalam rapat telah disepakati pelaksanaan Idul Adha di Kota Ternate pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Dia menjelaskan bahwa kesepakatan itu merujuk pada waktu wukuf di Arafah pada tanggal 8 Juli. 

(BACA JUGA:MUI Kabupaten Tangerang Imbau Masyarakat Hormati Perbedaan Waktu Idul Adha)

”Dalam rapat tersebut banyak masukan yang dibahas juga rata-rata ummat Islam di Kota Ternate akan melaksanakan Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 Hijriah pada tanggal 9 Juli 2022, karena pelaksanaan Wukuf di Arafah pada tanggal 8 Juli 2022,” ucap Usman Muhammad dikutip dari portal resmi Pemkot Ternate, Rabu 6 Juli 2022.

Keputusan itu juga dilakukan dengan surat edaran dari Pemkot Ternate ditujukan kepada seluruh Masjid di Kota Ternate agar melaksanakan salat Idul Adha pada 9 Juli 2022.

(BACA JUGA:Menjelang Hari Raya Idul Adha Harga Beberapa Bahan Pokok Merangkak Naik)

"Pelaksanaan Sholat Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 Hijriah di Kota Ternate pada Sabtu 9 Juli 2022 sudah dikaji dan berbagai pertimbangan dari aspek hukum dan lainnya sehingga disepakati bersama," katanya.

Namun begitu, pihaknya mempersilakan umat Islam yang ingin mengikuti keputusan pemerintah pusat yang menetapkan Idul Adha 10 Juli 2022. 

“Bagi ummat Islam yang akan melaksanakan sholat Idul Adha pada tanggal 10 Juli sesuai keputusan pemerintah tidak ada yang melarang,” ujarnya.

Direspon Pemerintah Provinsi Malut:

Menanggapi putusan dan pemerintah Kota Ternate, Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar rapat bersama di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut dengan PHBI dan Dewan Kemakmuran Mesjid.

Dalam rapat itu diinstruksikan agar semua pihak, baik Pemprov Malut maupun Pemkot Ternate agar mengikut keputusan Pemerintah Pusat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: