Menjelang Hari Raya Idul Adha Harga Beberapa Bahan Pokok Merangkak Naik

Menjelang Hari Raya Idul Adha Harga Beberapa Bahan Pokok Merangkak Naik

Ilustrasi - Pasar.-Tuahta Simanjuntak-FIN

JEMBER, FIN.CO.ID -- Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, harga beberapa bahan pokok di pasar tradisional merangkak naik.

Di pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, harga beberapa bahan pokok merangkak naik karena pasokan berkurang dan permintaan meningkat.

(BACA JUGA:Zulfkifli Hasan Kaget Lihat Harga Bahan Pokok Naik, Yan A Harahap Beri Sindiran)

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro mengatakan, beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan.

"Beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan yakni bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, tomat, daging ayam, dan telur ayam ras," katanya, Senin, 4 Juli 2022.

Menurut dia, harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Jember kini berkisar Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harga komoditas tersebut berkisar Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram.

Harga cabai rawit terus meroket di beberapa pasar tradisional hingga menembus Rp100 ribu per kilogram, padahal sebelumnya harga masih di kisaran Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram.

(BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Sejumlah Bahan Pokok Merangkak Naik)

"Naiknya harga telur ayam ras dari Rp24 ribu menjadi Rp26 ribu per kilogram juga disebabkan pasokan dari luar daerah juga berkurang, sehingga stok yang ada terbatas," tuturnya.

Ia mengatakan naiknya beberapa harga komoditas pangan tersebut masih kategori wajar, namun petugas terus melakukan pemantauan setiap hari untuk mengecek harga dan ketersediaan komoditas pangan tersebut.

"Beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan karena permintaan yang tinggi menjelang Idul Adha, namun pasokan komoditas tersebut berkurang seperti bawang merah yang biasanya dipasok dari Probolinggo," katanya.

Bambang menjelaskan kenaikan beberapa harga bahan pokok tersebut diakibatkan karena produktivitas panen mengalami penurunan akibat cuaca ekstrem dan gagal panen sehingga pasokan berkurang.

(BACA JUGA:Jelang Lebaran, Sejumlah Harga Bahan Pokok di Tangerang Naik, Tapi Masih Wajar)

"Selain itu, pasokan sedikit karena kurangnya para petani yang menanam produk tersebut,  dan bertepatan menjelang Hari Raya Idul Adha permintaan cukup tinggi," ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: