Energi Terbarukan Jadi Perhatian Dunia, Ini Tujuan Aspebindo Datang ke Amerika Serikat

Energi Terbarukan Jadi Perhatian Dunia, Ini Tujuan Aspebindo Datang ke Amerika Serikat

Ketua Umum Aspebindo Anggawira (kanan) pun mendatangi Duta Besar RI untuk AS Rosan P. Roeslani (kiri).-Instagram/@anggawira.id-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batubara Indonesia (Aspebindo) memiliki tujuan datang ke Amerika Serikat mengingat energi terbarukan jadi perhatian dunia.

Aspebindo ternyata mencari peluang kerja sama perdagangan dan investasi di sektor energi terbarukan ke Amerika Serikat (AS).

Ketua Umum Aspebindo Anggawira pun mendatangi Duta Besar RI untuk AS Rosan P. Roeslani di Kedubes RI di Washington DC, AS, akhir pekan lalu.

Ketum Aspebindo dan Dubes RI turut membahas soal pengembangan industri hilir bernilai tambah di sektor energi Indonesia.

(BACA JUGA:Teten Masduki Tegaskan 6 Program Prioritas Kemenkop UKM Mesti Berjalan: Jangan Kerja Sekadar Formalitas)

"Pengembangan industri hilir di sektor energi harus kita tingkatkan melalui investasi dan kemitraan," kata Anggawira dalam keterangan tertulis di Jakarta.

"Apalagi di tengah transisi energi fosil menjadi energi terbarukan. Hal ini kami diskusikan dengan Pak Rosan," sambungnya, Senin (20/6/2022).

Anggawira menyebutkan perlu ada peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi di sektor energi terbarukan.

Menyusul banyaknya pengusaha skala kecil dan menengah dengan inovasi produk energi terbarukan yang membutuhkan dukungan.

(BACA JUGA:Kemenhub Sebut Jumlah Pemudik Lebaran 2022 Turun 22,6 Persen Dibanding 2019, Selisih 3 Juta Lebih)

"Saat ini di Indonesia banyak pengusaha skala kecil dan menengah yang menghasilkan inovasi di bidang energi terbarukan," kata Anggawira.

"Kita harus bergerak bersama untuk mendukung pengusaha-pengusaha ini dalam mendorong transisi energi di Indonesia, kami berharap KBRI dapat memfasilitasi pengusaha-pengusaha ini," lanjutnya.

Sementara itu, Dubes RI Rosan menyambut hangat kedatangan Aspebindo dan menyampaikan tren transisi energi bersih di dunia.

Rosan P. Roeslani juga menyampaikan beberapa kebijakan di Amerika Serikat yang mendukung transisi energi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: