Ratusan Dokter Hewan Sweeping Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Tangerang

Ratusan Dokter Hewan Sweeping Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Tangerang

Ratusan dokter hewan akan disebar Pemkab Tangerang jelang Idul Adha untuk memeriksa hewan terpapar PMK-Rikhi Ferdian-fin.co.id

 

"Dari data terakhir sudah ada 293 ekor hewan ternak yang terjangkit PMK," terang Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Hustri Windayani saat dikonfirmasi wartawan.

Dia menyabutkan ratusan hewan ternak yang diduga tertular PMK itu terdiri dari 224 ekor sapi, 9 ekor kerbau, 46 ekor domba, dan 14 ekor kambing.

Dia juga mengungkapkan, wabah PMK di Kabupaten Tangerang kini sudah menyebar di 13 kecamatan di daerah itu.

Yakni, kecamatan Panongan, Curug, Pagedangan, Kelapa Dua, Cikupa, Solear, Legok, Cisoka, Pasar Kemis, Rajeg, Sepatan Timur, Sindang Jaya, dan kecamatan Balaraja.

"Sebelumnya dilaporkan hanya 6 kecamatan sekarang sudah menyebar di 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang," sebutnya.

Pun begitu, dia melanjutkan, 80 ekor hewan ternak yang diduga tertular PMK kini sudah dinyatakan sembuh usai mendapat pengobatan.

Penanganan terhadap sapi dan hewan ternak lain yang terindikasi terserang penyakit mulut dan kuku itu, dilakukan petugas dengan memberikan obat-obatan dan multivitamin selama 14 hari.

"Yang sudah sembuh itu sekitar 80 ekor," tandasnya. (Rikhi Ferdian)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: