Ratusan Dokter Hewan Sweeping Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Tangerang

Ratusan Dokter Hewan Sweeping Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Tangerang

Ratusan dokter hewan akan disebar Pemkab Tangerang jelang Idul Adha untuk memeriksa hewan terpapar PMK-Rikhi Ferdian-fin.co.id

TANGERANG, FIN.CO.ID - Ratusan dokter hewan akan melakukan sweeping hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha.

Mereka akan melakukan sweeping herwan kurban di wilayah Tangerang, Banten.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Asep Jatmika mengatakan sebanyak 100 dokter hewan diterjunkan melakukan pengawasan dan mengecek kesehatan hewan kurban di Kabupaten Tangerang.

(BACA JUGA:Update Terkini PMK di Tangerang: 293 Ekor Hewan Ternak Tertular, 80 Ekor Sembuh)

Menurutnya hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan kurban.

Ratusan dokter hewan tersebut, terdiri dari 90 orang dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) yang dibantu oleh 10 dokter hewan dari internal DPKP.Ratusan Dokter Hewan Sweeping Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Tangerang

(BACA JUGA:Cegah Wabah PMK, Mentan Syahrul Yasin Limpo Siapkan 800 Ribu Dosis Vaksin di Sukoharjo)

"Jadi total ada 100 dokter hewan yang diturunkan untuk melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha," kata Asep kepada FIN.CO.ID, Minggu, 19 Juni 2022.

 

Dia melanjutkan, pengawasan oleh ratusan dokter hewan itu dilakukan dengan mengidentifikasi ternak yang terpapapar maupun suspect penyakit mulut dan muku (PMK).

 

"Pengecekan kesehatan hewan kurban dilakukan langsung ke lapak-lapak penjual maupun ke lokasi peternakan, ini untuk mencegah penularan ke hewan ternak lainnya," tukasnya.

 

Sementara, berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat sudah ada 293 ekor hewan ternak yang terindikasi terjangkit PMK.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: