Wamenag Desak Polisi Proses Hukum Penyebar Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Termasuk Roy Suryo?

Wamenag Desak Polisi Proses Hukum Penyebar Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Termasuk Roy Suryo?

Wamenag Zainut Tauhid.--Fajar.co.id

JAKARTA, FIN.CO.ID - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid mendesak polisi memproses oknum yang terlibat dalam penyebaran meme stupa Borobudur mirip Jokowi di media sosial.

Diketahui, mantan Menpora Roy Suryo sempat ikut menyebarkan meme stupa Borobudur mirip Jokowi pada 10 Juni 2022. Cuitan itu diduga menyindir wacana kenaikan tarif masuk Candi Borobudur.

(BACA JUGA:Roy Suryo Posting Foto Editan Patung Candi Mirip Jokowi, Guntur Romli: Ini Pelecahan Jokowi dan Budha)

"Terhadap postingan meme stupa Borobudur mirip Pak Jokowi, saya menyerahkan kepada pihak Kepolisian untuk mendalami masalah tersebut dan juga mengusut semua pihak yang terlibat untuk selanjutnya diproses hukum sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku,” ujar Zainut dalam keterangannya, Jumat, 17 Juni 2022.

Ia menegaskan agar seluruh pihak tak menjadikan simbol agama sebagai bahan mengolok atau guyonan. Sebab, ia menilai perbuatan tersebut berpotensi melukai perasaan umat beragama.

Lebih jauh ia mengatakan, alasan apapun tindakan itu adalah tidak etis dan tidak dibenarkan oleh agama dan peraturan perundang-undangan.

(BACA JUGA:Foto Stupa Borobudur Mirip Jokowi yang Diunggah Roy Suryo Berbuntut Panjang, Polisi Turun Tangan)

"Perbuatan tersebut dapat dikatagorikan sebagai perbuatan SARA," tegasnya.

Menurutnya, berkenaan kebebasan berpendapat baik dalam bentuk kritik maupun saran hendaknya dilakukan dengan cara yang santun, bijak, dan menghormati etika.

Selain itu, juga tidak dengan cara yang satkastik sekaligus melanggar norma susila, hukum dan agama lainnya.

(BACA JUGA:Jubir PSI Sindir Keras ke Roy Suryo Imbas Unggah Foto Patung Buddha Mirip Jokowi)

Sebelumnya, Roy Suryo sempat ikut menyebarkan meme stupa Borobudur mirip Jokowi pada 10 Juni 2022. Cuitan itu diduga menyindir wacana kenaikan tarif masuk Candi Borobudur. Saat ini, unggahan tersebut telah dihapus.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja Twit-nya. Sejalan dengan protes rencana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR," tulis Roy Suryo dalam akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Melalui Tim Penasihat Hukumnya,  Roy Suryo menyatakan bahwa kliennya bukan pengedit meme Stupa Borobudor mirip Jokowi yang viral di media sosial sebagai bentuk protes atas kenaikan tarif masuk situs cagar budaya tersebut.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizky Agustian

Tentang Penulis

Sumber: