Uji Coba Sempat Mundur, Stasiun Matraman Kini Siap Beroperasi

Uji Coba Sempat Mundur, Stasiun Matraman Kini Siap Beroperasi

Stasiun Matraman. (dok. Kemenhub)--

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memastikan Stasiun Matraman siap beroperasi mulai hari ini, Jumat, 17 Juni 2022.

Jadwal uji coba operasional Stasiun Matraman awalnya akan dilaksanakan pada Kamis, 16 Juni 2022 kemarin. Namun jadwal ini mundur untuk kembali memastikan fasilitas siap untuk uji coba operasional tersebut.

(BACA JUGA:DPR Minta Kemenhub Atasi Mahalnya Harga Tiket Pesawat)

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus menjelaskan, kegiatan uji coba Stasiun Matraman dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan kesiapannya sebelum dioperasikan.

"Kami tidak ingin gegabah dalam mengoperasikan Stasiun Matraman dan ingin memastikan bahwa fasilitas penunjang di stasiun ini betul-betul siap melayani penumpang," kata Rode dalam keterangan resmi, Jumat, 17 Juni 2022.

Menurutnya, salah satu fasilitas pelayanan yang mendapat perhatian khusus dalam inspeksi yang dilakukan adalah escalator dan lift yang menghubungkan area concourse dengan peron.

Lebih lanjut dia mengatakan, meski secara fisik bangunan dan fasilitas stasiun ini sudah siap dan layak operasi, Rode mengaku bahwa pihaknya tidak ingin terburu-buru.

(BACA JUGA:Pembuatan SIM Jadi Kewenangan Kemenhub Didukung DPR, Berlaku Seumur Hidup)

Menurutnya, Kemenhub tidak ingin terburu-buru dan ingin memastikan kembali kelayakan stasiun dari segi keselamatan dan kenyamanan penumpang.

"Semoga dengan pengecekan yang masih terus dilakukan ini, tidak terjadi lagi kendala penumpang sebagaimana yang sempat terjadi di beberapa stasiun lain," ujar Rode.

Rode menyebutkan bahwa pengecekan fasilitas penunjang juga terus dilakukan di beberapa stasiun seperti Stasiun Jatinegara.

Per Kamis, 16 Juni 2022, tim teknis Kemenhub telah melakukan pengecekan secara keseluruhan (general check up) untuk seluruh fasilitas eskalator dan lift yang terdapat di Stasiun Jatinegara.

(BACA JUGA:Kemenhub Bongkar 3 Fakta Kecelakaan Bus Maut di Ciamis)

"Pengecekan ini dilakukan untuk menilai kondisi escalator dan lift di Stasiun Jatinegara sebelum dioperasikan," tuturnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: