Agus Gumiwang Beberkan Kemajuan PIDI 4.0 ke Delegasi Bisnis Jerman

Agus Gumiwang Beberkan Kemajuan PIDI 4.0 ke Delegasi Bisnis Jerman

Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0). -dok-kemenperin

JAKARTA, FIN.CO.ID - Delegasi bisnis berkunjung ke Indonesia bersama Presiden Republik Federasi Jerman Frank-Walter Steinmeier.

Dalam kunjungan delegasi bisnis Jerman menyambangi  Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan eksistensi dan kemajuan PIDI 4.0 kepada Delegasi Bisnis Jerman.

(BACA JUGA:Indonesia Bahas Kerjasama Produksi Vaksin dan Barang Elektronik dengan Jerman)

"Saya berharap dengan menunjukkan PIDI 4.0 beserta seluruh fasilitasnya kepada saudara sekalian, kiranya dapat meningkatkan keinginan saudara untuk berinvestasi di Indonesia dan terus mendukung transformasi Industri 4.0 di Indonesia," katanya di Gedung PIDI 4.0 Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022.

Dikatakan Agus, dalam mengembangkan industri manufaktur di Indonesia, pemerintah terus mengakselerasi terjadinya transformasi digital dan keberlanjutan dengan terus membangun infrastruktur pendukung yang lebih baik.

Saat ini, sektor manufaktur telah menjadi sektor unggulan yang menggerakkan perekonomian nasional dan memberikan kontribusi yang signifikan. 

(BACA JUGA:Pakistan Target Ekspor CPO dan Minyak Goreng)

Berdasarkan data terakhir pada triwulan I tahun 2022, industri manufaktur memberikan kontribusi sebesar 19,19 persen terhadap PDB Indonesia.

"Bapak Presiden Joko Widodo telah mengumumkan Making Indonesia 4.0. Sejak era Industri 4.0 dimulai, perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai memanfaatkan momentum ini," ujarnya.

Saat ini terdapat dua perusahaan Global Lighthouse di Indonesia yaitu Schneider Electric Batam dan Petrosea. Selain itu ada 3 perusahaan National Lighthouse dan 5 perusahaan Industri 4.0 Lighthouse di Indonesia.

"Saya ingin menginformasikan bahwa hari ini kami menambahkan salah satu perusahaan Jerman di Indonesia sebagai perusahaan Industri 4.0 Lighthouse," ujar Menperin.

Untuk mewujudkan dan mengembangkan implementasi Industri 4.0 Indonesia membangun PIDI 4.0 yang  akan menjadi solusi satu atap untuk penerapan Industri 4.0.

Saat ini PIDI 4.0 telah memiliki 26 mitra kerja, yang terdiri dari 24 perusahaan dan 2 universitas. Baru-baru ini PIDI 4.0 menjalin kolaborasi in dengan Akademi Teknologi DMAG pada ajang Hannover Messe 2022.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: