Alasan Mengapa Luka Penderita Diabetes Susah Kering, Awas Fatal Risikonya

Selasa 05-04-2022,17:16 WIB
Reporter : Makruf
Editor : Makruf

JAKARTA, FIN.CO.ID - Diabetes adalah masalah kesehatan yang terjadi pada jutaan orang setiap tahunnya.

Parahnya lagi, banyak penderitanya yang tidak secara sadar bahwa mereka adalah salah satu penderitanya.

Diabetes sendiri adalah kondisi kesehatan dimana tubuh manusia, tidak mampu memproduksi insulin yang cukup (diabetes tipe 1), atau tidak dapat menggunakannya secara baik (tipe 2).

(BACA JUGA:Masih Muda Sudah Ubanan? Ini Kata Pakar Gaya Hidup Sehat ala Islam)

Salah satu efek dari diabetes terhadap tubuh penderitanya, adalah lambannya proses penyembuhan ketika terjadi luka.

Alasan mengapa luka penderita diabetes sulit sembuh, adalah terkait dengan beberapa faktor. Berikut ini seperti dilansir Healthline:

1. Gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh meningkat, menyebabkan luka sulit sembuh.

2. Masalah saraf juga salah satu penyebabnya. Penderita diabetes dengan kondisi ini kerap tidak menyadari adanya luka, menyebabkan terlambatnya penanganan.

3. Buruknya sirkulasi darah juga jadi salah satu penyebabnya. Aliran darah yang terbatas ke area kaki, membuat proses penyembuhan luka terdampak.

4. Mereka yang menderita diabetes juga mengalami defisiensi sistem imunitas, menyebabkan lambannya proses penyembuhan luka.

5. Ketika imunitas terganggu, maka tubuh akan sulit untuk melawan infeksi bakteri, selain juga karena gula darah yang tinggi. Ketika infeksi dibiarkan, dapat menyebabkan luka menjadi lebih serius dan menyebabkan komplikasi.

Penderita Diabetes Harus Tau ini

Meski luka mau itu gores, luka potong atau kulit melepuh bisa terjadi di mana saja, namun luka kecil di kaki penderita diabetes, bisa berubah menjadi ulkus kaki.

Ketika dibiarkan tanpa perawatan, ulkus kaki pada penderita diabetes, punya potensi 15 kali lipat berakibat fatal, dalam hal ini amputasi.

Sebab itu menurut ahli, via Healthline, penting bagi penderita diabetes untuk memonitor kondisi tubuhnya, terlebih jika ada luka.

Menyadari ada luka di awal-awal, dapat mencegah terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan.

Kategori :