Aset Digital Bitcoin cs Menguat, Ini Faktor Pemicunya

Rabu 12-01-2022,20:11 WIB
Reporter : Sigit Nugr
Editor : Sigit Nugr

 

 

 

 

JAKARTA, FIN.CO.ID - Aset digital Bitcoin, Etherium dan Kripto berkapitalisasi pasar utama dan lainnya kembali bangkit Rabu, 12 Januari 2022. 

Faktor pemicunya adalah setelah kesaksian Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell yang mengisyaratkan bahwa sementara waktu The Fed akan menormalkan kebijakan. 

Powell belum membuat keputusan untuk mengurangi neraca hampir USD9 triliun dan kondusifnya keamanan di Kazakhstan pasca kerusuhan berdarah yang terjadi minggu kemarin.

(BACA JUGA:Bitcoin Melemah, Salah Satunya Dipicu Pemutusan Akses Internet Kazakhstan)

Bangkitnya harga Kripto sejalan dengan pernyataan Powell yang masih memperdebatkan pendekatan untuk mengurangi neraca The Fed, dan mengatakan bahwa terkadang memerlukan pertemuan berkali-kali untuk membuat keputusan seperti itu.

Pesan keseluruhan Powell pada hari Selasa kurang hawkish daripada yang diperkirakan beberapa investor, terutama mengingat komentar baru-baru ini dari beberapa pembicara The Fed lainnya, kata para analis.

Inflasi tinggi dan pemulihan yang kuat akan membutuhkan The Fed untuk menaikkan suku bunga setidaknya tiga kali tahun ini, dimulai segera setelah Maret, dan menjamin ikhtisar cepat kepemilikan aset Fed untuk menarik kelebihan uang tunai dari sistem keuangan, Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan pada hari Senin.

(BACA JUGA:Kekhawatiran Omicron Mereda, Bitcoin dan Kripto Etherium Menguat)

"Powell menentang komentar hawkish dari orang lain di komite penetapan suku bunga Fed, menunjukkan bahwa keputusan pengetatan kuantitatif akan datang dalam dua hingga empat pertemuan berikutnya, dengan obligasi diizinkan untuk bergulir secara organik sehingga pelaku pasar kembali masuk pasar, salah satunya Kripto," kata  Public Relation Manager Litedex Protocol , David Saragih dalam catatannya.

Selain itu, Kondusifnya kondisi keamanan di Kazakhstan pasca kerusuhan di ibukota, ikut menenangkan para investor Kripto sehingga investor kembali masuk ke pasar.

Kategori :