News

Ternyata Lokasi Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Subang Jalur Blackspot

fin.co.id - 12/05/2024, 17:28 WIB

Keluarga membawa foto siswa SMK Lingga Kencana yang menjadi korban kecelakaan bus di Ciater, Subang, Jawa Barat.

fin.co.id - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, jalan yang menjadi titik kecelakaan bus pariwisata Putera Fajar merupakan jalur rawan kecelakaan atau blackspot.

"Betul, ini adalah blackspot," kata dia kepada wartawan usai melakukan peninjauan pada Minggu, 12 Mei 2024.

Lebih lanjut, jenderal bintang dua ini mengatakan, pihaknya akan mengadakan focus grup diskusi (FGD) untuk menentukan langkah selanjutnya terkait kondisi jalan dan dari identifikasi itu akan dibuat rekomendasi terkait upaya antisipasi kecelakaan di jalur blankspot tersebut.

"Kemudian kita nanti ada FGD setelah ini, setelah olah TKP, setelah penyelidikan ada FGD, nanti kita akan memberikan rekomendasi, ya rekomendasi termasuk salah satunya masalah rekayasa lalu lintas, penambahan rambu," ujar Aan.

"Atau mungkin seperti (tanjakan) Emen, ada diperlebar dan sebagainya. Itu semua akan kita tuangkan di fokus grup diskusi, sehingga kita berikan rekomendasi kepada pemerintah untuk masalah jalan ini," lanjutnya.

BACA JUGA: 7 Korban Kecelakaan Rombongan SMK Lingga Kencana Depok Dirawat di RSUI

Sebelumnya, pihak kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi kecelakaan bus yang membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana asal Depok yang terguling di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. 

Hasilnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, dari tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan tidak ditemukan jejak rem pada bus pariwisata.

"Jadi kalau kita lihat dari TKP yang ada ini tidak ada jejak rem dari bus tersebut, yang ada itu bekas ban ya ban satu bagian diduga itu ban kanan keadaan miring itu ada beberapa meter di situ kemudian sampai titik terakhir di depan menabrak tiang listrik ini tidak ada jejak rem sama sekali," ujar Aan, Minggu, 12 Mei 2024.

Hingga saat ini, Kepolisian tengah memfokuskan untuk menyelidiki penyebab insiden kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok.

Apakah memang rem yang tidak berfungsi atau pengemudi yang mengalami panik.

BACA JUGA: Berapa Kecepatan Bus Trans Putra Fajar Saat Kecelakaan Maut di Subang dan Tewaskan 11 Orang? Ini Penjelasan Polisi

"Kita selidiki ya kenapa tidak ada jejak rem apakah remnya tidak berfungsi atau pengemudi panik dan lain sebagainya ini perlu kita selidiki makanya kita olah TKP di sini nanti sampai tuntas," ujarnya.

"Nanti dari tim kita akan memeriksa tingkat kerusakan nanti akan disimpulkan di situ kecepatannya ya kemudian nanti juga akan kita libatkan ahli ya untuk memeriksa teknis kendaraan," sambungnya.

Usai olah TKP di lokasi kejadian, juga akan dilakukan olah TKP dari kerusakan kendaraan baik bus maupun mobil warga yang ditabrak sebelum bus terguling.

Khanif Lutfi
Penulis
-->