News

Jokowi-Ma'ruf Amin dan Sejumlah Pejabat Tinggi Negara Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Besok

fin.co.id - 09/04/2024, 17:49 WIB

Dari kanan ke kiri: Bukhori, Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan Ismail Cawidu.

FIN.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta. Hal itu disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

"InsyaAllah besok yang akan hadir di sini (Masjid Istiqlal), pertama adalah Bapak Presiden Republik Indonesia, Pak Jokowi bersama Ibu Iriana dan Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin berserta dengan Ibu," kata Nasaruddin Umar saat konferensi pers di Ruang VIP Al-Malik, Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa 9 April 2024.

BACA JUGA:

Tidak hanya itu, tambah Nasaruddin Umar, nantinya juga akan ada sejumlah pejabat lainnya yang hadir untuk melangsungkan Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Istiqlal. "Tentunya ditambah dengan pejabat negara yang lain, para menteri dan ketua lembaga negara, duta besar, negara-negara sahabat," kata Nasaruddin Umar.

Tidak hanya itu, sejumlah mantan pejabat tinggi negara juga akan hadir dalam salat id tersebut. "Mungkin sejumlah mantan pejabat tinggi negara juga biasanya hadir pada kesempatan ini," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki. Dia juga memprediksi 1 Syawal jatuh pada Rabu 10 April 2023, maka nantinya Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan melakukan Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Istiqlal.

"Jika ini memang jatuh pada 1 Syawal besok kita sudah mempersiapkan penyelenggaraan Salat Id di Masjid Istiqlal yang Insya Allah akan dihadiri oleh Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo beserta Ibu, dan juga Bapak Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dengan Ibu," katanya.

Begitu pula dengan pejabat yang hadir. Dia menyebutkan bahwa nantinya akan banyak pejabat tinggi yang ikut serta solat berjemaah di Masjid Istiqlal.

"Juga pejabat tinggi negara lainnya beserta dengan para dubes-dubes negara-negara sahabat," ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Masjid Istiqlal untuk mengantisipasi hal tersebut dalam rangka penyelenggaraan Salat Id 1445 Hijriah.

"Semoga berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, terutama bagaimana kekhidmatan bagaimana penyelenggaraan salat ini bisa betul-betul terjaga," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengkonfirmasi bahwa dirinya akan melaksanakan lebaran pertama di Jakarta dan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"(Lebaran) di Jakarta. Kurang lebih insyaAllah (salat di Istiqlal)," ucap Presiden Jokowi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin 8 April 2024.

BACA JUGA:

(Intan Afrida Rafni)

Mihardi
Penulis
-->