News

Pra PPDB SD Kota Tangerang 2024 Dimulai, Begini Cara Daftar dan Kelengkapan Dokumennya

fin.co.id - 27/03/2024, 16:21 WIB

Palajar Sekolah Dasar

fin.co.id - Pra Penerimaa Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru telah dimulai. Diketahui, Pra Pendaftaran merupakan salah satu tahap dalam PPDB. Pemkot Tangerang melalui Dinas Pendidikan kini telah membuka Pra PPDB jenjang Sekolah Dasar (SD) mulai 25 Maret hingga 31 Mei 2024. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menuturkan, seperti yang dilaksanakan tahun sebelumnya. Di tahap ini, Pra PPDB di Kota Tangerang dilaksanakan secara online.

Proses Pra PPDB, calon peserta didik baru untuk jenjang SD Negeri di Kota Tangerang yang dapat mendaftarkan Pra-PPDB secara mandiri ke prappdb.tangerangkota.go.id. 

“Jika tidak mengikuti alur Pra PPDB memang tidak akan ditolak masuk sekolah Negeri. Nanti, akan dilakukan verifikasi data adminduk secara manual dalam arti tetap mendapatkan akses. Namun, alangkah baiknya karena telah diberikan kesempatan  untuk mengikuti Pra PPBD agar dimanfaatkan," tutur Jamaluddin, Rabu (27/3/24). 

BACA JUGA: Melenceng dari Tujuan, Jokowi Beri Sinyal Hapus Sistem Zonasi PPDB

Alur Pendaftaran Pra PPDB Kota Tangerang Jenjang SD: 

1. Buka Alamat prappdb.tangerangkota.go.id 

2. Klik Tombol Daftar, masukkan NIK Siswa, lalu Klik tombol cek NIK, dan masukkan kode yang muncul lalu Klik tombol proses. 

3. Pilih jenjang SD lalu lengkapi data siswa dan upload Kartu Keluarga. 

4. Tentukan hubungan keluarga dan isikan alamat lengkap. 

5. Cari alamat rumah lalu klik lokasi rumah pada peta. (Pastikan alamat rumah sesuai dengan yang tertera pada Kartu Keluarga dan lengkapi data detail alamat. 

6. Tentukan asal sekolah, jika dalam kota silakan Tentukan Sekolah asal, NPSN akan terisi otomatis jika luar kota isikan nama sekolah dan NPSN nya. 

7. Isikan nomor WhatsApp, lalu Klik tombol simpan. 

8. Cek kembali kelengkapan data. Jika sudah, Klik tombol konfirmasi, beri centang pada persetujuan, lalu Klik tombol Simpan. 

9. Anda akan mendapatkan WhatsApp yang berisi nomor pendaftaran yang dapat digunakan untuk melihat data Anda. 

Jika hasil verifikasi ditolak, siswa diharuskan mengulang pendaftarannya dengan memperbaiki data yang kurang sesuai catatan yang diberikan. 

Khanif Lutfi
Penulis