Kesehatan

Haid Tidak Teratur? Kenali Penyebab dan Cara mengatasinya

fin.co.id - 28/02/2024, 19:13 WIB

FIN.CO.ID - Haid yang tidak lancar, atau disebut juga dengan istilah medis oligomenorrhea, adalah kondisi di mana siklus haid menjadi tidak teratur. Siklus haid yang normal biasanya berkisar antara 21 hingga 35 hari, dihitung dari hari pertama satu siklus haid hingga hari pertama siklus berikutnya.

Jika siklus haid Anda lebih pendek atau lebih panjang dari jangka waktu tersebut, atau jika Anda mengalami perubahan tiba-tiba dalam pola haid Anda, ini bisa menjadi tanda haid yang tidak lancar.

BACA JUGA:

Penyebab Haid yang Tidak Lancar

Haid yang tidak lancar bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

1. Stres: Stres kronis dapat memengaruhi sistem hormonal Anda, yang dapat memengaruhi siklus haid.

2. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS): PCOS adalah kondisi di mana ovarium menghasilkan lebih banyak hormon androgen daripada biasanya, yang dapat memengaruhi siklus haid.

3. Perubahan Berat Badan: Perubahan berat badan yang drastis, baik penurunan berat badan yang signifikan maupun peningkatan berat badan yang cepat, dapat mengganggu siklus haid.

4. Gangguan Makan: Gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, dapat mengganggu siklus haid.

5. Penyakit Kronis: Beberapa penyakit kronis, seperti diabetes atau gangguan tiroid, dapat memengaruhi siklus haid.

6. Obat-obatan: Beberapa obat-obatan, seperti obat anti-hipertensi atau obat-obatan yang mengandung hormon, juga dapat memengaruhi siklus haid.

BACA JUGA:

Langkah-langkah Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

1. Mengelola Stres: Mengelola stres dengan cara seperti meditasi, yoga, atau terapi dapat membantu memperbaiki siklus haid yang tidak lancar.

2. Mengatur Pola Makan dan Aktivitas Fisik: Mengatur pola makan yang seimbang dan rutin berolahraga juga dapat membantu memperbaiki siklus haid.

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->