Kesehatan

Selain Populer, Buah Kurma Ternyata Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

fin.co.id - 20/02/2024, 20:31 WIB

Selain Populer, Buah Kurma Ternyata Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

FIN.CO.ID - Kurma adalah buah yang berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera). Buah ini tumbuh dalam kelompok-kelompok yang disebut tandan dan biasanya ditanam di daerah-daerah yang memiliki iklim panas dan kering.

Kurma merupakan buah yang sangat populer di seluruh dunia karena kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kurma:

BACA JUGA:

1. Sumber Energi yang Baik

Kurma mengandung karbohidrat yang tinggi, khususnya dalam bentuk gula alami seperti glukosa dan fruktosa. Sebagai sumber energi yang cepat tersedia, kurma cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat atau sebagai tambahan energi sebelum atau sesudah berolahraga.

2. Kaya akan Nutrisi

Kurma mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B6, zat besi, magnesium, potasium, dan tembaga. Zat besi, misalnya, penting untuk pembentukan sel darah merah, sedangkan magnesium dan potasium membantu menjaga kesehatan otot dan jantung.

3. Serat Tinggi

Kurma mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

4. Antioksidan Kuat

Kurma mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti polifenol, karotenoid, dan fenolat. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melawan kerusakan sel-sel akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma mengandung sejumlah besar kalsium, fosfor, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor membantu membangun dan menjaga kekuatan tulang, sementara magnesium membantu menyerap kalsium ke dalam tulang.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam kurma dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma mengandung kalium, mineral yang penting untuk fungsi jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kurma mengandung sejumlah besar vitamin B6, yang penting untuk fungsi otak yang sehat. Vitamin B6 juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan meningkatkan mood.

BACA JUGA:

9. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kurma mengandung serat yang larut dalam air, yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit.

10. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kurma secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kurma mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina, sementara lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV.

Kiky Adeana Sisca
Penulis
-->